Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Omega 3 Juga Ampuh Untuk Kelainan Kulit

Omega 3 - Senyawa asam lemak omega 3 terkenal dengan manfaatnya memelihara kesehatan jantung. Manfaat Omega 3 ini juga menguntungkan untuk vitalitas kulit. Tak terkecuali menyembuhkan rusaknya kulit akibat paparan cahaya matahari. Omega 3 dalam minyak ikan sangat mendominasi dari beberapa jenis asam lemak yang ada. Tubuh manusia tidak bisa membuat sendiri asam lemak ini dengan begitu harus disediakan melalui asupan makanan.
manfaat omega 3 salmon sea quill,omega 3 untuk anak,omega 6,omega 3 bagi manusia,omega 3 herbalife,omega 3 untuk ibu hamil,omega 3 salmon,omega 3 amway,
Baca Juga : 8 Manfaat Olahraga

Setiap orang tentunya paham bahwa asam lemak omega 3 baik dalam memelihara kesehatan jantung. Omega 3 dalam minyak ikan mampu mengurangi kadar kolesterol jahat, memperbaiki aliran darah dan meredakan kemungkinan terjadinya serangan jantung. Sayangnya tidak banyak yang tahu kalau minyak ikan pun bagus untuk kulit. Laporan dari Jurnal American Academy of Dermatology di tahun 1989 mengatakan bahwa metabolisme asam lemak tidak normal terbukti turut andil dalam kejadian eksema atopik, dermatitis atopik dan psoriasis.

Dermatitis atopik merupakan penyakit kulit kronis dengan tanda-tanda kemerahan dan gatal yang amat. Sebuah uji klinis terhadap penderita kelainan kulit ini dengan memberikan asam lemak dosis tinggi, maka 14 dari 17 penderita sembuh sebanyak 50% dari penyakitnya. Pemberian Omega 3 juga menunjukkan perubahan signifikan pada penderita eksim. Sementara pada psoriasis, 37% penderita yang dirujuk ke rumah sakit terjadi kesembuhan sebesar 50% dari penyakitnya setelah diberikan asupan omega 3. Psoriasis adalah kelainan autoimun yang diawali dengan timbulnya sisik-sisik dengan warna perak kemerahan dengan rasa gatal dan perih.

Untuk langkah preventif, omega 3 juga bisa digunakan pada kulit yang selalu terkena cahaya matahari. Kulit dengan intensitas paparan cahaya matahari yang tinggi akan cepat terlihat tua dengan munculnya garis kerut dan mengendur. Riset yang dipublikasikan jurnal Molecular Biotechnology menjelaskan bahwa micro-nutrisi yang terkandung pada minyak ikan akan memberikan proteksi terhadap kulit dari efek buruk dari cahaya matahari. Nutrisi dalam bentuk mikro tersebut akan terpusat pada jaringan kulit yang sering terekspos cahaya matahari. Artinya nutrisi yang terkandung dalam minyak ikan itu dapat berguna untuk sun block dalam tubuh kita.

Manfaat Omega 3 dalam bentuk EPA ini diungkapkan dalam beberapa riset ternyata lebih baik apabila dibandingkan DHA Omega 3. Journal of Lipid memperlihatkan bahwa EPA omega 3 secara penting mampu membendung sel-sel yang menyebabkan penuaan akibat cahaya matahari sedangkan DHA tidak bisa. Tetapi itu tidak bisa disimpulkan bahwa DHA tidak cukup ampuh apabila dibandingkan EPA. DHA terbukti lebih baik saat menurunkan derajat peradangan pada penyakit kulit. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa apabila dikonsumsi oleh ibu hamil, maka DHA omega 3 akan lebih ampuh bila dibandingkan dengan EPA omega 3 untuk mencegah terjadinya penyakit kulit si bayi saat besar nanti.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat omega 3, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: