Laman

Selasa, 29 September 2015

6 Manfaat Ubi Jalar Ungu

Ubi jalar ungu biasanya dilihat juga sebagai makanan dari kampung atau ndeso. Tetapi pahamkah anda bahwa ubi jalar ungu ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan badan. Seperti juga ubi jalar, manfaat ubi jalar ungu juga bisa dipakai untuk makanan penurun desakan darah, melimpah kandungan seratnya serta mampu menetralisir radikal bebas seperti sayur-mayur dengan warna ungu.
Baca Juga : Manfaat Virus

Ubi jalar ungu memiliki komposisi senyawa salah satunya copper, lysin, magnesium, potassium, zinc sekitar 20 %. Di samping itu, ubi jalar ungu juga juga sebagai penyuplai keperluan kalori serta karbohidrat. Terkecuali itu, diketemukan juga vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 serta vitamin C. Sementara sebagian mineral yang diperoleh yaitu Besi, Kalsium serta Phosphor.
Tidak hanya itu saja, karena ubi jalar ungu juga mempunyai kandungan protein, lemak, abu dan serat kasar.

Diketemukannya konsentrasi Antosianin atau pigmen ungu dengan kandungan pada 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat ubi ungu basah. Sedetailnya faedah ubi jalar ungu untuk kesehatan yaitu seperti berikut :

1. Sumber antioksidan
Senyawa antosianin dalam ubi ungu bermanfaat untuk antioksidan. Setelah itu senyawa antioksidan itu bakal menetralkan dampak jelek dari polusi hawa, menghindar oksidasi didalam badan serta menghindar munculnya penggumpalan darah.

2. Mencegah kanker
Warna ungu pada ubi jalar adalah penyuplai senyawa karotenoid yaitu betakaroten dan vitamin A. Senyawa itu bakal memberi perlindungan pada paru-paru serta menghindari timbulnya kanker paru ataupun kanker mulut.

3. Pengendali konsentrasi gula dalam darah
Angka Indek Glikemik-nya yang kecil jadikan konsentrasi gula darah seorang tidak bakal bertambah dengan mencolok. Jenis karbohidrat di dalamnya bahwa apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes serta beberapa orang yang mempunyai tanda-tanda masalah insulin. Pasien diabetes kerap disarankan untuk meninggalkan makanan manis. Hal itu untuk tidak ubi jalar ungu. Hidangan yang satu ini demikian ampuh mengatur kandungan glukosa darah melalui sekresi serta kerja insulin. Tetapi tidak serta-merta bila pasien kencing manis bisa menyantap ubi jalar semaunya. Mereka bisa menukar nasi dengan ubi jalar ungu.

4. Makanan anti penuaan dini
Manfaat ubi jalar ungu dengan kandungan karotenoid-nya yang tinggi bakal menguatkan imunitas badan. Termasuk juga mampu mencegah radikal bebas hingga jadikan kulit lebih sehat serta pantang berlangsung penuaan awal. Menyantap ubi jalar dapat memberikan nutrisi untuk kulit serta jadikan kulit tampak muda. Kandungan Betakaroten-nya berperan jadi antioksidan yang dapat memfasilitasi vitamin A berperan penuh dalam melepas sel kulit mati serta menghasilkan sel kulit baru yang sehat.

5. Melindungi kekenyalan kulit
Manfaat ubi jalar ungu yang ini terutama dari besarnya kandungan vitamin C di dalamnya yang bakal menghasilkan kolagen untuk pelihara kekenyalan kulit.

6. Menghindari terjadinya serangan jantung
Kandungan pyridoxine dari ubi jalar ungu dapat turunkan homosistein kimia, yang dapat menghindar serangan jantung. Senyawa Kalium yang diketemukan pada bahan pangan ini dapat memiliki peran yang sama.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat ubi jalar ungu semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: