Laman

Minggu, 27 September 2015

Manfaat USG 4 Dimensi

Manfaat USG 4 Dimensi termasuk juga kontrol menekan sepanjang kehamilan yaitu USG (ultrasonografi). Sekarang ini ada sebagian type USG yaitu USG 2 dimensi, 3 dimensi serta 4 dimensi. USG adalah penelusuran situasi bayi dalam rahim menggunakan gelombang bunyi frekwensi tinggi. USG sekurang-kurangnya saat sebelum saat kandungan berusia 3 bln. manfaat meyakinkan usia kandungan dan letak janin, lalu saat trimester ke-2 manfaat lihat kemungkinan ada kelainan. Faedah USG 4 dimensi, 3 dimensi atau 2 dimensi pada intinya sama hanya semakin besar dimensi jadi visual yang tampak bakal semakin detail.
Di usia kandungan 18 hingga 23 minggu, cacat struktural janin dapat dikenali. Di usia kandungan 30 sampai 34 minggu dapat dideteksi apabila berlangsung kelainan letak maupun kelainan perkembangan, tali pusar, plasenta sekalian mengecek kecukupan air ketuban. Standard USG sendiri hanya 2 dimensi. Tetapi belakangan ini berkembang jadi 3 dimensi serta 4 dimensi.

Memakai USG 2D umumnya hanya menunjukkan penampilan janin yang datar serta hanya garis besarnya saja dengan demikian hanya di ketahui dokter pemeriksa. Tetapi hasil USG 2D ini masih tetap bisa digunakan untuk mencermati sebagian organ dalam janin. Untuk kontrol awal pada trimester pertama biasanya dokter menggunakan USG 2D. Dalam hasil USG 2D ini penampilan yang terlihat bakal tampak samar, meski gerakan janin terus dapat terkontrol. Tetapi jika dokter mencurigai timbulnya kelainan, biasanya disarankan untuk melakukan USG berdimensi 3 atau 4.

Pada penelusuran USG 3 dimensi bakal menunjukkan penampilan bayi yang detail. Di samping itu gambar yang didapat juga bisa dipahami ibu hamil atau anggota keluarga lain. Anatomi badan janin juga lebih terang tampak seperti dapat mengetahui kelainan bibir sumbing.

Untuk penelusuran dengan USG 4 dimensi visual yang didapat semakin detail serta persis serta bisa bergerak seperti lihat film. USG 4D juga dapat menghidangkan gambar anggota badan dengan detail, misalnya hidungnya mancung atau tak. Juga aktivitas janin umpamanya tengah mengisap jari, menguap maupun menggerakkan jari kakinya. Di samping itu kontrol 4D ini dapat mengetahui cacat yang ada lebih belia, dengan demikian penyembuhan bakal lebih terarah. Cacat yang dapat dikenali umpamanya kelainan plasenta atau mengetahui terjadinya kehamilan ektopik. Faedah USG 4 dimensi yang lain yaitu keluarga bisa beroleh film janinnya berupa CD.

Oleh karenanya apabila mau melakukan USG 3D atau 4D, sebaiknya dikerjakan setelah bentuk janin bisa dideteksi atau didapatknnya cacat janin. Hal itu bakal jadikan kontrol USG 3D atau 4D jadi lebih bermanfaat serta tidak sebatas buang duit. Utama diingat apabila akan menggerakkan kontrol USG 3D atau 4D yaitu akreditasi dokter pemeriksa. Sebaiknya USG 3 dimensi atau 4 dimensi digerakkan oleh dokter yang memiliki sertifikat.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat USG 4 dimensi semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: