Laman

Selasa, 29 September 2015

Virus Tidak Selalu Membuat Sakit, 8 Manfaat Virus Ini Buktinya

Arti virus bermula dari bhs latin virion yang berarti toksin. Virus pertama kalinya diketemukan oleh Dmitry Iwanovsky di th. 1892. Virus adalah parasit dengan ukuran mikroskopik yang dapat menyerang sel organisme hidup. Virus mempunyai ciri parasit obligat, hal semacam itu karena virus hanya dapat lakukan reproduksi pada material hidup melalui langkah menyerang serta mengeksploitasi sel makhluk hidup. Virus sendiri tidak memiliki peranti selular guna lakukan reproduksi sendiri.
Baca Juga : Manfaat Xylitol

Biasanya virus mempunyai kandungan sedikit asam nukleat berbentuk DNA maupun RNA, namun tidak mungkin gabungan keduanya yang dibalut oleh sejenis material pelindung berbentuk lipid, protein, glikoprotein ataupun kombinasi ketiganya. Meskipun virus kerap didefinisikan juga sebagai agen pemicu penyakit, tetapi manfaat virus untuk manusia juga ada salah satunya yaitu :

1. Virus dapat dipakai untuk produksi vaksin sebagian type kuman pemicu penyakit pada manusia umpamanya vaksin sabin serta salk guna mencegah serangan penyakit polio, vaksin pasteur guna mencegah terjadinya penyakit rabies.

2. Virus dapat digunakan untuk membuahkan interveron yaitu sejenis bahan yang dipakai untuk menghalangi terjadinya replikasi virus dalam sel inang.

3. Virus dapat juga dipakai untuk senyawa anti- bakteri karena dapat mematikan bakteri yang merusakkan sebagian product makanan awetan.

4. Beberapa virus dapat jadikan untuk lakukan gabungan lagi genetika. Melalui therapy gen, gen penyebab infeksi yang diketemukan pada virus dapat dirubah jadi gen yang dapat mengobati.

5. Virus dapat dipakai untuk materi produksi hormon insulin. Untuk contoh yaitu virus juga sebagai pemicu kanker dapat dicangkokkan beserta sebagian gen pembuat insulin maupun senyawa lain ke bakteri. Dengan demikian bakteri dapat berkembangbiak lebih cepat serta membuahkan insulin.

6. Manfaat virus dapat pula untuk antibodi dalam serum darah sama dengan sekresi dalam membran mukosa yang bakal bertindak untuk badan mematikan benda-benda asing umpamanya virus. Atau mungkin dengan kata lain virus dihadapkan dengan virus.

7. Virus dapat digunakan untuk memberantas hama dengan cara biologis. Di saat yang akan datang, bakteriofage kemungkinan dapat ditingkatkan supaya dapat jadi obat guna membasmi bakteri yang kerap mengakibatkan penyakit spesifik.

8. Virus juga berguna untuk jadi sejenis jenis system guna mempelajari peristiwa yang mengontrol info genetika, karena virus sebenarnya adalah serpihan-serpihan info genetik yang berbeda dengan info genetik sel.



Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat virus semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: