Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

10 Manfaat Daun Salam Yang Harus Anda Tahu

Daun Salam - Selain biasa gunakan sebagai salah satu bumbu dapur, daun salam juga memiliki kandungan nutrisi serta bahan alami yang dapat meningkatkan kesehatan. Beberapa manfaat daun salam khususnya dalam mendukung kesehatan seseorang dapat disimak melalui penjelasan berikut ini :
10 Manfaat Daun Salam Yang Harus Anda Tahu,
Baca Juga : 10 Manfaat Daun Kemangi

1. Menyehatkan organ pencernaan
Manfaat daun salam terutama dapat memperlancar sistem pencernaan serta mengobati sakit pencernaan contohnya perut kembung, mules dan sembelit. Anda bisa meracik minuman teh dengan bahan baku daun salam maupun meracik jamu dari daun salam plus jahe untuk menuntaskan masalah pencernaan tersebut.

2. Mengobati kencing manis
Daun salam dapat mengobati sakit diabetes tipe 2 sebab bahan ini mampu mengurangi kadar glukosa darah, lemak trigliserida dan kolesterol. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam daun salam berperan memperbaiki efisiensi pemrosesan insulin. Artinya daun salam cocok apabila dikonsumsi penyandang diabetes maupun seseorang dengan resistensi insulin.

3. Menghindari terjadinya stroke dan gangguan jantung
Daun salam memiliki kandungan senyawa rutin, phytonutrient, salisilat serta asam caffeic di mana keempatnya bermanfaat dalam melindungi kesehatan jantung sekaligus memperbaiki kerja jantung. Jika individu menderita gangguan jantung dan mulai menjadi tegang, daun salam dapat di buat minuman untuk mengurangi rasa cemas tersebut.

4. Meringankan rasa nyeri
Manfaat minyak daun salam sebagai antiradang dan dapat meredam nyeri karena terkilir, rematik dan nyeri karena sebab lain. Apabila Anda menderita nyeri, pijat-pijatlah area tubuh yang menderita nyeri itu menggunakan minyak daun salam.

5. Mengobati influenza dan batuk
Daun salam juga mampu mengobati berbagai macam gejala influenza, radang dan batuk. Caranya dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam.

6. Berperan dalam masa periconception
Masa periconception adalah masa tiga bulan pra hamil sampai tiga bulan sesudah hamil. Daun salam berguna menstimulasi terjadinya kehamilan. Senyawa asam folat yang terdapat pada daun salam juga berperan menghindari terjadinya kelainan lahir pada janin.

7. Menjadikan tidur semakin pulas
Apabila Anda menderita insomnia, tambahkan beberapa tetes sari daun salam pada air putih, selanjutnya minum menjelang tidur. Hal tersebut akan membantu Anda supaya bisa tidur pulas.

8. Menghindarkan diri dari ancaman kanker
Daun salam memiliki kandungan senyawa quercetin, asam caffeic, euganol serta cathecin yang bermanfaat dalam mengatasi beragam macam kanker. Daun salam juga memiliki kandungan phytonutrient yang sudah teruji dapat menghambat perkembangan sel kanker mulut rahim.

9. Menuntaskan masalah yang berhubungan dengan haid
Mengkonsumsi daun salam membuat darah haid lancar keluar. Daun salam juga dapat mengatasi gejala keputihan.

10. Membuat gigi putih bersih
Manfaat daun salam dapat pula membersihkan sekaligus mencerahkan gigi. Cara memanfaatkannya yaitu dengan menggosok-gosokkan serbuk daun salam pada gigi Anda 3 hari sekali. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan gigi putih bersih tanpa plak menguning.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 10 manfaat daun salam, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: