Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

10 Manfaat Jambu Biji

Buah jambu biji dengan nama latin Psidium guajava L ternyata tidak hanya untuk mengobati demam berdarah saja. Manfaat jambu biji nyatanya lebih dari itu namun belum banyak yang mengetahuinya. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut informasinya untuk anda :
manfaat jambu biji untuk kulit,jambu biji merah,daun jambu biji,jambu air,jambu biji merah untuk kulit,jambu biji untuk diet,
Baca Juga : Manfaat Kunyit Putih Untuk Tubuh Dan Kecantikan

1. Meredakan tekanan darah tinggi
Mulai sekarang sebaiknya anda rajin mengkonsumsi jambu biji apabila Anda ingin terbebas dari penyakit jantung. Jambu biji memiliki efek hipoglikemik dan melimpah kandungan seratnya yang penting untuk menurunkan tensi darah dan tingkat kolesterol. Selain itu jambu biji dengan ukuran sedang bisa memenuhi 20% keperluan potassium harian tubuh. Rajin mengkonsumsi potassium bisa mengurangi tensi darah yang tinggi.

2. Menghindarkan dari serangan kanker
Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yaitu likopen. Likopen mudah di-absorb tubuh daripada likopen pada tomat karena struktur sel yang beda.

3. Menyembuhkan mencret
Daun jambu biji memiliki kandungan senyawa antibakteri yang dapat menghambat perkembangan bakteri ketika terjangkit diare. Pembasmi bakteri lain yaitu vitamin C, karetinoid dan potassium.

4. Membuat kulit menjadi sehat
Konsentrasi astringet pada jambu biji bisa memperbaiki tekstur kulit serta menjadikan kencang kulit kendur. Jambu biji juga kaya dengan vitamin A, C dan potassium yang memiliki sifat antioksidan. Zat gizi tersebut akan melakukan detoksifikasi dan memelihara kulit selalu sehat dan bebas kerutan.

5. Meredakan batuk dan pilek
Buah jambu biji mentah yang dibuat jus dipercaya dapat menjadi obat penyembuh batuk dan pilek. Caranya dengan menekan produksi lendir sekaligus menyembuhkan infeksi saluran pernapasan. Jambu biji juga melimpah kandungan vitamin C serta zat besi yang ampuh mencegah infeksi disebabkan virus.

6. Mencegah susah BAB
Konsentrasi serat yang melimpah mujarab untuk menghindari dari konstipasi atau sembelit. Buah memiliki ukuran sedang memiliki sekitar 36% kebutuhan serat harian. Selain itu bijinya dapat menjadi agen laksatif yang manjur dalam membersihkan saluran usus.

7. Mengurangi berat badan
Jambu biji memiliki unsur yang diperlukan dalam upaya untuk menurunkan berat badan, contohnya serat, vitamin dan protein. Buah jambu biji akan menjadikan perut terasa kenyang lebih lama. Buah jambu biji dengan ukuran sedang yang dikonsumsi ketika santap siang sudah mencukupi untuk membuat kenyang perut hingga makan malam tiba.

8. Menjaga kesehatan gusi
Manfaat jambu biji yang diperoleh dengan meminum jusnya dapat untuk memelihara kesehatan gusi, mengobati gusi berdarah dan bengkak.

9. Menyembuhkan kencing manis
Berdasarkan suatu riset yang diaplikasikan pada tikus, buah dan daun jambu biji bisa mengurangi konsentrasi gula dalam darah.

10. Menyembuhkan radang perut
Kandungan vitamin C jambu biji 4x lebih banyak daripada yang diperoleh pada jeruk. Di samping itu jambu biji juga sebagai obat mujarab penyembuh sariawan perut yaitu penyakit yang diindikasikan lewat gusi yang bengkak dan mengeluarkan darah.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 10 manfaat jambu biji, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: