Laman

Jumat, 30 Oktober 2015

4 Manfaat Ikan Lele Untuk Menu Makanan Sehat

Ikan Lele - Anda tentu kenal dengan ikan lele. Ikan dengan tampilan yang seram ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan citarasanya yang lezat. Setiap orang pasti bisa menyantap ikan lele, sebab harga ikan ini memang tidak mahal. Manfaat ikan lele untuk kesehatan tubuh ternyata tidak boleh disepelekan begitu saja. Apa saja manfaatnya?
manfaat ikan lele untuk bayi,ikan lele untuk ibu hamil,ikan lele bagi manusia,
Baca Juga : Manfaat Infused Water

1. Menjadikan jantung dan otak yang sehat
Ikan lele popular karena kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang setara dengan berbagai ikan mahal contohnya ikan makerel, ikan salmon, ikan kod dsb. Ikan lele yang sering dijajakan di kios pasar tradisional mempunyai fungsi serupa dengnan ikan-ikan mahal tersebut. Ikan lele 1 porsi mampu memberikan pasokan 220 mg asam lemak omega-3 serta 875 mg asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menganjurkan agar masyarakat menyertakan menu ikan lele pada menu harian mereka beberapa kali dalam sepekan. Kedua jenis asam lemak tadi memang bagus untuk melindungi vitalitas jantung sekaligus juga otak.

2. Penyuplai protein yang dapat diandalkan
Pada 1 porsi ikan lele terdapat 15,6 g protein yang dapat mencukupi seluruh kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh. Asam amino yang terdapat dalam ikan lele berkualitas baik untuk membentuk jaringan otot dan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Anda pun membutuhkan protein untuk memberikan energi.

3. Penyuplai kebutuhan vitamin B-12
Menyantap seporsi ikan lele akan menjadikan kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebesar 40%. Vitamin B 12 adalah zat gizi utama guna membantu metabolisme tubuh mengurai makanan jadi energi. Sebab itu, pasokan vitamin B 12 yang terpenuhi akan menjadikan Anda lebih kuat dan tidak menyebabkan cepat capek.

4. Sedikit kandungan Merkuri
Berita ikan laut dengan kandungan senyawa berbahaya Merkuri masih membayangi. Resiko mengonsumsi makanan dengan kandungan Merkuri adalah resikonya yang akan menyebabkan kerusakan sistem saraf. Sedangkan ikan lele biasanya dipelihara di air yang aman dari cemaran Merkuri. Wajar apabila ikan lele disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan dengan tingkat merkuri tinggi maka dapat mengancam bayi yang dikandungnya. Konsentrasi DHA yang terdapat pada ikan lele sangat berguna untuk perkembangan serta sistem saraf utama bayi. Selain itu, DHA juga berguna untuk perkembangan organ mata si bayi. Semakin banyak ibu hamil dan menyusui mengonsumsi ikan lele, maka semakin bergizi kandungan ASI yang diperoleh oleh jabang bayi. Di samping memiliki kandungan DHA, ikan lele juga memiliki komposisi zat gizi lain. Ikan lele juga memiliki manfaat kesehatan lain.

Itu tadi beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan. Walaupun tampilannya seram, namun manfaatnya tidak sesangar wajahnya. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Share this: