Laman

Rabu, 28 Oktober 2015

5 Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Organisasi - Pandangan bahwa mengikuti organisasi kemahasiswaan akan menghambat kuliah memang sudah ada sejak dulu. Walaupun kenyataannya tidak seperti itu. Jika seorang mahasiswa mempunyai tata kelola waktu yang baik, baik dari segi kegiatan kuliah maupun mengikuti organisasi tidak akan menjadi masalah. Banyak manfaat organisasi bagi seorang mahasiswa diantaranya yaitu :
manfaat organisasi bagi masyarakat,pentingnya organisasi bagi mahasiswa,urgensi organisasi bagi mahasiswa,kewirausahaan bagi mahasiswa,fungsi organisasi mahasiswa,
Baca Juga : Manfaat Omepros

1. Belajar kepemimpinan
Saat terlibat dalam organisasi, tentunya banyak hal yang harus dikerjakan dan tentunya akan berinteraksi dengan banyak orang. Mereka yang aktif dalam organisasi akan sering terlatih mengungkapkan argumen didepan orang lain ataupun mengarahkan anggota lain ketika menyelenggarakan sebuah acara. Saat mencari pekerjaan maka kemampuan leadership ini tentu saja akan sangat bermanfaat sekali. Kerapkali sejumlah lowongan kerja mensyaratkan jiwa kepemimpinan menjadi bagian syarat yang wajib dipenuhi walaupun pada level staf yang sebetulnya tidak mempunyai anak buah.

2. Belajar mengelola waktu
Waktu yang biasanya dimanfaatkan untuk belajar serta menyelesaikan tugas jelas berkurang. Padahal jumlah tugas kuliah sama dibandingkan dengan yang ikut organisasi dan yang tidak ikut berorganisasi. Agar keduanya dapat berjalan beriringan maka manajemen waktu sangat dibutuhkan. Bisa jadi awalnya akan kewalahan mengatur waktu kuliah dan berorganisasi. Namun, lama-kelamaan pasti akan terbiasa. Selanjutnya, pola tersebut dapat terbawa selama hidup. Ketika bekerja di kantor maka tidak akan kaget ketika mengatur pekerjaan yang jumlahnya banyak dengan menentukan pekerjaan mana yang harus didahulukan.

3. Meluaskan pertemanan
Pada sebuah organisasi akan menemui banyak orang. Bisa teman satu angkatan, kakak senior, mahasiswa jurusan lain, dsb. Mereka semua tidak boleh disepelekan, sebab mereka bisa saja menjadi suatu faktor penting, terlebih untuk fresh graduate maupun mereka yang tengah mencari kerja. Mungkin saja dari mereka itulah Anda akan memperoleh informasi tentang lowongan kerja. Atau mereka memberikan sebuah rekomendasi kepada anda di perusahaan yang anda lamar. Berdasarkan tradisi di beberapa perusahaan, rekomendasi dari pegawai yang sudah bekerja di perusahaan itu akan lebih dipertimbangkan.

4. Melatih sikap bermasyarakat
Mahasiswa yang ikut berorganisasi biasanya secara kemasyarakatan juga cenderung aktif dibandingkan dengan mereka yang tidak turut serta organisasi. Dalam organisasi mereka akan dilatih berhubungan dengan bermacam macam karakter orang. Tidak hanya teman satu angkatan namun juga dari jurusan dan angkatan lain. Sehingga tentunya akan kian meluaskan pengetahuan tentang bermacam tipikal orang.

5. Melatih memecahkan masalah dan konflik
Sering berhubungan dengan orang banyak dengan bermacam ciri khasnya pasti wajar bila sekali dua kali terjadi konflik antar mereka. Begitupun didunia kerja, ketika ada deadline yang harus segera dikerjakan, teman sekantor yang tidak bersahabat atau suka menjatuhkan teman kerja dihadapan atasan, dan sebagainya yang berisiko menimbulkan konflik. Apabila sudah sering menyelesaikan masalah dan perseteruan, manfaat organisasi akan sangat terasa karena tidak terkejut lagi dan sudah mengetahui apa sajayang harus dilakukan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 5 manfaat organisasi bagi mahasiswa,  semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: