Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

6 Manfaat Cabe Rawit Yang Tak Semungil Bentuknya

Cabe rawit pastinya bukan jenis sayuran yang asing lagi untuk Anda. Sayur yang memiliki citarasa pedas ini sering digunakan sebagai pelengkap saat menyantap gorengan maupun menjadi pelengkap bumbu masakan untuk menghasilkan rasa pedas. Masyarakat Indonesia sering memakainya untuk membuat sambel. Tidak cuma sebagai pelengkap istimewa sebuah masakan, manfaat cabe rawit di bidang kesehatan juga tidak kalah hebatnya. Cabe rawit sering digunakan dalam meringankan gangguan pernapasan contohnya melonggarkan hidung tersumbat karena sinusitis, maupun menghentikan batuk berdahak. Di samping itu, cabe rawit juga bisa meningkatkan selera makan.
manfaat cabe rawit untuk wasir,cabe rawit untuk rambut,cabe rawit hijau,cabe merah,cabe rawit untuk kesehatan,tanaman cabe rawit,budidaya cabe rawit,
Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya

Bahkan cabe rawit juga dapat dijadikan sebagai sumber antibiotik alami. Cabe rawit juga dapat meminimalisir kemungkinan terkena stroke, tersumbatnya pembuluh darah, gejala lemah syahwat serta mengurangi resiko terjadinya jantung koroner. Kandungan senyawa tertentu pada cabe rawit dapat menjadikan darah selalu encer, dengan begitu darah akan bersirkulasi lancar.

Namun disebabkan karakternya yang panas dan cita rasanya pedas, mengonsumsi cabe rawit yang berlebihan dapat menyebabkan sakit perut dan terasa panas ketika buang air besar. Untuk mencegah hal semacam itu, Anda dapat mengonsumsi cabe rawit sekedarnya saja, dengan demikian apabila anda memanfaatkan cabe rawit untuk pengobatan, Cabe rawit memang berkhasiat bagi kesehatan namun tidak serta-merta Anda dapat mengonsumsinya dalam takaran berlebihan. Lantas apa saja sih manfaat cabe rawit untuk menunjang kesehatan kita? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Menghentikan pendarahan
Cabai rawit memiliki efek anti-pendarahan. Contohnya saat anda terkena luka yang mengakibatkan keluarnya darah, dengan mengonsumsi satu sampai dua sdt serbuk cabai rawit akan dapat men-stopkan pendarahan tersebut hanya beberapa menit setelah mengkonsumsinya.

2. Menjaga jantung dan tekanan darah tetap normal
Manfaat cabe rawit dapat memperbaiki aliran dan tensi darah yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan jantung.

3. Pengendali rasa nyeri
Lancarnya peredaran darah disebabkan cabe rawit akan memberikan nutrisi untuk penyembuhan luka, dan juga berperan sebagai antiradang. Dengan mengonsumsi cabai rawit, Anda akan dapat bertahan lebih lama dari rasa nyeri, artinya Anda dapat menurunkan atau bahkan meninggalkan penggunaan obat pereda rasa sakit yang membahayakan.

4. Menyehatkan sistem pencernaan
Memperlancar fungsi perut dan aktivitas cairan pencernaan lain dan dapat pula mengobati bisul pada perut.

5. Mengurangi berat tubuh
Mengonsumsi cabai rawit akan menjadikan Anda cepat kenyang. Ketika tidur cabe rawit untuk efek thermogenic akan meningkatkan temperatur badan kemudian membakar kalori dalam tubuh. Sehingga anda tidak perlu perjuangan berat supaya menjadi langsing.

6. Mencegah perkembangan sel kanker
Manfaat cabe rawit diindikasikan mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dan tumor, sekaligus juga menumpas sel-sel jahat. Dengan rutin mengkonsumsi cabe rawit dalam masakan, selain nafsu makan bertambah, anda juga terbebas dari ancaman kanker.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 6 manfaat cabe rawit, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: