Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

6 Manfaat Donor Darah

Manfaat donor darah ternyata bagus untuk kesehatan tubuh. Di samping membuat sipemilik tubuh menjadi sehat, rajin melakukan donor darah juga bisa memberikan kesempatan kepada Anda untuk menyelamatkan banyak jiwa. Pada tubuh sendiri apa saja manfaat yang akan diperoleh dari donor darah ? Beberapa manfaat donor darah untuk kesehatan bisa disimak dari penjelaasan berikut ini :
manfaat donor darah menurut islam,donor darah bagi wanita,donor darah dari segi kesehatan,donor darah bagi kulit,donor darah bagi pria,
Baca Juga : Manfaat Ekstrak Kulit Manggis
 1. Pengecekan kesehatan diri sendiri
Ketika akan mendonorkan darah, kondisi kesehatan pendonor perlu dicek. Bahkan dokter akan menjalankan sejumlah cek dasar untuk mengetahui apakah pendonor bisa menyumbangkan darahnya atau tidak. Pastinya tindakan mendonorkan darah setidaknya akan memaksa anda untuk melakukan pengecekan kesehatan tubuh secara berkala. Lewat pengecekan ini, Anda bisa memastikan, tubuh Anda dalam kondisi fit atau tidak. Dengan tindakan donor darah ini Anda juga bisa mengetahui gangguan kesehatan yang bisa memberi pengaruh pada tubuh Anda.

2. Membuat konsentrasi zat besi dalam darah menjadi seimbang
Manfaat donor darah ini adalah manfaat terbesar dari kegiatan donor darah. Berdasarkan riset, banyak individu yang memiliki kandungan zat besi terlalu banyak yang diperoleh lewat makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, untuk menyeimbangkan konsentrasi zat besi dalam darah, usaha terbaik adalah dengan mendonorkan darah. Mempunyai tingkat yang berlebihan dari zat besi dalam darah bisa membahayakan kerja jantung. Wanita bisa membuat seimbang konsentrasi zat besi lewat siklus haid bulanan. Akan tetapi bagi pria dan wanita menopause perlu membuat seimbang konsentrasi zat besi dalam aliran darah mereka.

3. Menurunkan kemungkinan terkena kanker
Seseorang yang rajin melakukan donor darah memiliki potensi terkena kanker terutama kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker hati dan kanker tenggorokan lebih sedikit disebabkan kandungan zat besi dalam darah mereka seimbang.

4. Menurunkan kadar kolesterol tubuh
Darah manusia memiliki konsentrasi kolesterol dengan jumlah tertentu. Kolesterol didalam darah ada yang dinamakan kolesterol jahat (LDL= Low Density Lipoprotein) dan ada juga kolesterol baik (HDL= high-density lipoprotein) yang keduanya terdapat didalam sel darah merah. Termasuk manfaat darah donor bagi kesehatan tubuh adalah membantu menurunkan kandungan kolesterol terutama kolesterol jahat LDL.

5. Mengendalikan tensi darah
Fungsi kesehatan mendonorkan darah adalah volume darah yang akan menjadi seimbang. Hal tersebut bermanfaat untuk menghindarkan diri dari naiknya tekanan darah. Tensi darah yang teratasi akan menyebabkan kerja jantung menjadi sehat dengan begitu akan mencegah terjadinya gejala kardiovaskular.

6. Meningkatkan proses kesembuhan luka
Saat Anda melakukan donor darah, akan berlangsung penyelarasan tubuh dari menurunnya jumlah sel darah merah. Penyelarasan tubuh tersebut juga dibutuhkan saat tubuh Anda menderita luka yang menyebabkan merosotnya jumlah sel darah merah, dengan begitu pemulihan luka akan lebih singkat.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 6 manfaat donor darah, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: