Laman

Rabu, 28 Oktober 2015

6 Manfaat Pare Dari Astma Hingga Kanker Pankreas

Pare- Jenis sayur dengan nama pare ini mempunyai permukaan luar keriting berwarna hijau terang dengan cita rasanya yang pahit. Walaupun sebagian orang menghindari sayur ini karena rasa yang pahitnya, namun kandungan gizi pada pare sebenarnya sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Satu bukti nyata manfaat pare dibuktikan oleh penduduk di pulau Okinawa, Jepang. Ada satu wilayah disana yang mempunyai penduduk dengan umur panjang paling banyak didunia. Sebetulnya apa saja sih manfaat pare untuk menunjang kesehatan manusia dan nutrisi apa yang terkandung di dalamnya? Perhatikan penjelasannya berikut ini :
manfaat pare untuk jerawat,pare untuk ibu hamil,pare putih,pare untuk pria,pare belut,pare untuk ibu menyusui,pare untuk kecantikan,pare mentah,
Baca Juga : 5 Manfaat Rebung

1. Menyembuhkan astma
Suatu riset yang dilaksanakan oleh University of Massachusetts mengatakan reaksi tubuh setelah mengonsumsi pare akan merangsang indra pengecap yang terdapat pada sel saluran pernapasan. Hal itu menyebabkan saluran pernapasan menjadi melebar, dengan begitu sirkulasi udara menjadi lebih kuat dengan volume lebih besar. Oleh sebab itu pare sangat tepat bila dikonsumsi oleh pengidap astma.

2. Menurunkan berat badan
Berdasarkan pernyataan Centers for Disease Control and Prevention, sayuran pare hanya memiliki kandungan 16 kalori setiap gelas. Konsentrasi air hingga 90 % serta 2,6 g kadar seratnya mampu menurunkan nafsu makan dan menyebabkan pencernaan terasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang yang lebih lama secara tidak langsung akan menurunkan berat badan karena tidak akan ada lagi kebiasaan ngemil makanan yang dapat menyebabkan gemuk.

3. Makanan pembersih darah kotor
Sayur Pare memiliki senyawa yang mampu berperan membuat darah menjadi bersih. Minum jus pare juga bisa meredakan rasa gatal yang disebabkan infeksi dalam darah. Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal maka disarankan mengkonsumsi jus pare secara teratur pada pagi hari disaat perut sedang kosong.

4. Mengurangi kadar gula dalam darah
Pare memiliki kandungan Charnitine yaitu sejenis insulin dan alkaloid yang sangat berguna dalam mekanisme menurunkan konsentrasi gula dalam darah. Sebab itu pare sangat cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2.

5. Memperlancar pencernaan
Walau rasa pahitnya kadang tidak tertahankan namun pare bisa merangsang pencernaan dan memproses makanan dalam usus hingga dibuang dalam bentuk feses dari dalam tubuh. Maka itu, makan sayur pare sangat bagus untuk menuntaskan gangguan pencernaan sekaligus juga susah BAB.

6. Menghalangi perkembangan sel kanker pada pankreas
Sekelompok pakar dari University of Colorado, Amerika mengatakan bahwa ekstrak pare dapat menghambat sel-sel kanker pada pankreas memproses glukosa. Hal itu dikarenakan sel-sel kanker juga membutuhkan energi untuk tetap hidup. Ekstrak pare sukses menghalangi persediaan glukosa agar sel-sel kanker itu mati karena kekurangan sumber energi.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat pare, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: