Laman

Rabu, 28 Oktober 2015

6 Manfaat Ubi Kayu

Ubi Kayu - Pernah Anda menyantap ubi kayu atau lebih populer disebut singkong? Ubi kayu adalah salah satu hidangan yang sudah sangat akrab khususnya masyarakat di lokasi pedesaan. Mempunyai sifat yang mudah tumbuh sehingga banyak orang yang menanamnya dimana saja, di halaman rumah, pekarangan atau sebagai pagar hidup. Cukup dengan bermodal potongan batang ubi kayu saja, dan ditancapkan di tanah, tidak butuh waktu lama, ubi kayu akan bersemi. Ubi kayu alias singkong nikmat bila digoreng ataupun dibakar. Namun mungkin tidak banyak yang tahu jika manfaat ubi kayu bukan hanya sebagai makanan ringan namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh.
manfaat ubi jalar,ubi kayu untuk wajah,ubi kayu untuk ibu hamil,ubi kayu download,proses manfaat ubi kayu,
Baca Juga : 8 Manfaat Quaker Oat
Siapa sangka tumbuhan yang merakyat ini memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Makanan yang murah meriah dan dianggap sebagai makanan kampung ini layak Anda gunakan sebagai makanan pokok anda sehari-hari. Beberapa khasiat untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

1. Ubi kayu merupakan penyuplai kebutuhan vitamin B kompleks dan sumber vitamin contohnya folic acid, vitamin B1, pyridoxine, vitamin B2 serta asam pantotenat. Manfaat unsur riboflavin adalah membantu perkembangan tubuh serta menghasilkan sel-sel darah merah untuk mencegah terjadinya anaemia.

2. Ubi kayu juga mampu mengurangi konsentrasi trigliserida sekaligus sebagai penyuplai kebutuhan serat yang baik. Fakta tersebut menjadikan ubi kayu bisa mencegah kemungkinan terjadinya serangan jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Manfaat ubi kayu ini akan diperoleh dengan cara mengukus atau merebusnya.

3. Pada riset Nutrition and You mengatakan bahwa ubi kayu mempunyai total kalori 2 kali lipat daripada kentang. Wajar saja sebab ubi kayu merupakan satu dari beberapa jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Pada 100 gram ubi kayu terkandung 160 kalori, yang didominasi oleh gulasukrosa.

4. Apabila anda ingin makanan rendah lemak, disamping sereal dan golongan kacang-kacangan maka anda bisa mengkonsumsi ubi kayu. Ubi kayu juga memiliki komposisi protein yang tinggi bila di banding ubi rambat, kentang maupun pisang. Jelas ini akan pas untuk Anda yang sedang latihan stamina otot.

5. Mengobati berbagai penyakit salah satunya demam, rematik, luka, mencret, cacingan, nyeri kepala hingga memperkuat daya tahan tubuh.

6. Ubi kayu juga memiliki kandungan sejumlah mineral penting untuk tubuh diantaranya magnesium, seng, tembaga juga zat besi. Bahkan kandungan Kalium didalam ubi kayu mencukupi untuk mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Sekarang ubi kayu bisa di buat menjadi berbagai macam santapan yang lezat. Contohnya saja singkong keju, keripik singkong, juga cake dengan bahan utama singkong atau ubi kayu. Manfaat ubi kayu akan lebih maksimal jika dimasak dengan dikukus maupun direbus dan bukan digoreng.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat ubi kayu, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: