Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

7 Manfaat Beras Merah

Beras merah sepertinya bisa menjadi alternatif dari sejumlah bahan makanan sumber karbohidrat terutama bagi wanita yang sedang mengikuti program diet. Nasi merah adalah menu diet yang sehat sebab memiliki indeks glikemik (GI) rendah dibandingkan dengan nasi putih. Beras merah merupakan beras dimana kulit luarnya belum terkelupas sempuran ketika proses penggilingan. Kulit yang menutupi biji beras memiliki kandungan serat dan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Mengonsumsi nasi merah lebih sehat dibandingkan beras putih. Apa saja manfaat nasi merah untuk diet maupun kesehatan? Berikut penjelasannya :
1. Memiliki kadar serat yang tinggi
Nasi memberikan untuk Anda zat gizi contohnya zat besi, magnesium, serat, protein dan niasin. Walau demikian harus dilihat jenis nasi yang dikonsumsi. Mengkonsumsi beras merah, brown rice maupun beras hitam dibandingkan nasi putih. Ketiganya lebih bagus disebabkan kadar serat yang tinggi dan mengandung karbohidrat kompleks yang cenderung menyehatkan.

2. Indeks glikemik yang rendah
Bahan pangan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, salah satunya beras merah mempunyai nilai glycemic index yang rendah yang berguna mengendalikan kadar gula dalam darah serta produksi insulin. Di samping itu juga memberikan energi untuk mengoptimalkan fungsi kesehatannya.

3. Memberi efek cepat kenyang
Nasi merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yakni tipe karbohidrat yang lama diolah oleh tubuh. Suatu riset yang dilakukan British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa menyantap karbohidrat kompleks seperti oatmeal, kentang dan beras merah akan menyebabkan Anda merasa kenyang sampai berjam-jam lamanya.

4. Sumber kebutuhan zat besi
Jenis mineral berupa zat besi dan mangan akan membantu tubuh memproduksi energi dari makanan dikonsumsi. Mangan juga menjadi bagian penting suatu enzim dan juga sebagai antioksidan yang dapat memproteksi tubuh dari gangguan radikal bebas yang biasanya dihasilkan dalam reaksi pembentukan energi. Hasilnya, stamina tubuh akan bertambah baik dan energi bisa digunakan lebih maksimal.

5. Sumber zinc yang melimpah
Zinc akan turut mempercepat pemulihan luka dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan semestinya. Zinc juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang akan mengamankan tubuh dari serangan radikal bebas yang mempunyai efek menghancurkan sel tubuh.

6. Memiliki kandungan Vitamin B6
Manfaat nasi merah salah satunya bisa mencukupi 23% keperluan harian vitamin B6. Vitamin B6 memang digunakan tubuh agar dapat mengaktifkan fungsi organ. Vitamin B6 akan membantu menjaga keseimbangan produksi hormon serotonin yakni hormon yang memberikan pengaruh pada suasana hati. Juga keseimbangan sel darah merah dan pembentukan DNA.

7. Mengurangi kadar kolesterol jahat
Manfaat nasi merah yang memiliki kandungan minyak dapat berperan menurunkan konsentrasi kolesterol jahat. Sehingga dianjurkan untuk melakukan program diet nasi merah plus gandum utuh untuk memperbanyak konsentrasi kolesterol baik. Gunakanlah nasi merah menjadi hidangan pokok dan penyuplai karbohidrat sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat beras merah, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: