Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

7 Manfaat Kayu Manis Yang Harus Anda Ketahui

Rempah kayu manis merupakan bahan yang sering digunakan untuk bumbu berbagai masakan dikarenakan kayu manis memiliki aroma dan citarasa yang sedap. Akan tetapi bukan hanya aroma sedapnya yang menggoda, nyatanya manfaat kayu manis juga berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Setidaknya ada 7 manfaat kayu manis yang dapat anda gunakan untuk menjaga tubuh anda tetap fit dan sehat :
manfaat kayu manis untuk kecantikan,kayu manis untuk wajah,kayu manis untuk diabetes,kayu manis bagi kesehatan,kandungan kayu manis,
Baca Juga : 6 Manfaat Kopi

1. Menurunkan konsentrasi kolesterol jahat dalam darah
Kayu manis dapat menurunkan jumlah low-density lipoprotein (LDL). Seperti sudah banyak yang diketahui bahwa LDL terbukti membahayakan tubuh jika terdapat dalam kandungan yang tinggi. LDL bisa menyebabkan gangguan jantung, serangan stroke yang tiba-tiba dan kegemukan. Mengkonsumsi kayu manis, maka Anda dapat meminimalisir bahaya penyakit kardiovaskular.

2. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengendalikan konsentrasi gula dalam darah. Maka dari itu kayu manis merupakan alternatif bahan makanan yang cocok bagi pengidap kencing manis dan hypoglycaemic. Manfaat kayu manis juga dapat membuat tenang mood dan energi tubuh.

3. Obat anti-infeksi
Kandungan pada kayu manis salah satunya yaitu senyawa anti-infeksi alami. Pada sejumlah riset, kayu manis di ketahui ampuh menyingkirkan perkembangan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag. Juga beberapa penyakit lain yang disebabkan akibat berkembangnya bakteri patogen.

4. Terapi Alzheimer
Beberapa ilmuwan di Cytokine research lab, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas juga sudah lama mempelajari kayu manis untuk penyembuhan berbagai gangguan neuro degenerative sejenis penyakit Parkinson, Alzheimer, disseminated sclerosis, meningitis dan tumor pada otak. Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa kayu manis mampu meredakan terjadinya peradangan kronis berkenaan dengan penyakit neurologis.

5. Menghambat pertumbuhan kanker
Sebuah riset yang dilakukan University of Texas menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat meminimalkan proliferasi sel-sel penyebab kanker. Tidak cuma itu saja, kayu manis juga dapat mengobati gejala kanker. Kebanyakan kanker dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi teratur kayu manis dengan bahan-bahan lain.

6. Meredakan nyeri rematik
Manfaat Kayu manis dapat meredakan sakit yang dipicu penyakit rematik. Pada suatu riset yang dilakukan Department of Internal Medicine menunjukkan bahwa kayu manis juga dapat menurunkan kandungan sitokinin yaitu protein kecil yang disebut mediator dan pengatur kekebalan, inflamasi dan hematopoesis yang dapat menyebabkan munculnya gejala rematik.

7. Bahan obat multiguna
Manfaat kayu manis lainnya juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami, di samping itu juga memiliki kandungan serat, potassium, besi dan mangan yang di ketahui ampuh meredakan nyeri ketika menstruasi atau persalinan. Kayu manis memiliki kandungan senyawa yang dinamakan cinnamaldehyde yang mampu membuat seimbang kerja hormon tubuh, mempercepat produksi hormon progesteron dan mereduksi pembentukan hormon testosteron dalam tubuh wanita.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat kayu manis, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: