Laman

Rabu, 28 Oktober 2015

9 Manfaat Pete Yang Ajaib

Pete - Masyarakat Indonesia telah lama familiar dengan pete. Bahan pangan dengan bau khas ini digemari mayoritas masyarakat namun sebagian orang membenci pete dikarenakan baunya. Walaupun mungil dan sering dipersepsikan sebagai makanan kampung, namun manfaat pete sungguh hebat bagi kesehatan.
manfaat pete buat ibu hamil,manfaat pete kanker,efek samping pete,pete dan jengkol,pete goreng,pete untuk ginjal,petai cina,
Baca Juga : 9 Manfaat Putih Telur
Zat gizi yang terdapat pada 100g pete yaitu :
  • Air 71g
  • Karbohidrat 11g
  • Protein 8g
  • Lemak 8g
  • Kalsium 76mg
  • Phospor 83mg
  • Besi 2mg
  • Vitamin A 724 IU
  • Vitamin B1 0,1mg
  • Vitamin B2 0,01mg
  • Niacin 1mg
  • Vitamin C 6mg
Beberapa manfaat pete yang mungkin saja sebagian masyarakat yang belum mengetahuinya yaitu :

1. Meningkatkan kecerdasan
Banyaknya kandungan potassium dalam pete yang bisa menjadikan otak berfungsi dengan baik. Suatu riset yang dilakukan oleh para siswa di Twickenham memperlihatkan bahwa mereka bisa menyelesaikan soal-soal ujian dengan lebih baik. Siswa pun lebih berkonsentrasi ketika ujian. Hal tersebut diperoleh sesudah mengkonsumsi pete saat makan pagi dan makan siang serta juga untuk camilan.

2 Mengobati gejala Anemia
Zat besi di dalamnya dapat merangsang produksi sel-sel darah merah. Orang-orang yang menderita kurang darah dapat mengonsumsi pete untuk pengobatan alami.

3. Mencegah hipertensi
Kandungan potassium serta kalsium pada pete dapat menjaga tekanan darah dan mencegah munculnya tekanan darah tinggi.

4. Mengatasi PMS (premenstrual syndrome)
Bagi wanita yang sering emosi maupun nyeri pada area tubuh tertentu menjelang dan ketika haid, maka menyantap pete bisa sebagai obatnya. Kandungan Vitamin B6 akan mengendalikan tingkat gula darah sekaligus membuat suasana hati Anda selalu positif.

5. Obat depresi
Orang yang sedang depresi dapat teratasi dengan mengkonsumsi pete. Pete memiliki kandungan asam amino esensial yakni tryptophane yang mampu memperbanyak produksi hormon serotonin. Hormon tersebut bertanggung-jawab dalam mengendalikan mood seseorang.

6. Makanan anti-gendut
Mengkonsumsi pete dapat menjadikan rasa kenyang lebih tahan lama. Dianjurkan agar membuat milkshake pete yang dicampur dengan madu. Jika rasa kenyang terasa lebih lama, pastinya orang akan terjauhkan dari perilaku yang suka ngemil atau menyantap apa saja ketika sedang bosan.

7. Melancarkan pencernaan
Kandungan serat pete dapat melancarkan pencernaan. Saluran usus jadi sehat dan terbebas dari konstipasi.

8. Menyembuhkan penyakit kencing manis
Beberapa orang yang menderita kencing manis sering menyertakan pete ke menu makanan harian mereka, setelah beberapa waktu kemudian tingkat gula darah yang menjadi rendah.

9. Menurunkan resiko stroke
Walaupun baunya tidak sedap dan dicap sebagai makanan dari kampung, namun manfaat pete sudah terbukti dapat menjaga seseorang dari serangan stroke yang dapat menyebabkan kematian. Sebuah riset yang diterbitkan pada The New England Journal Of Medicine mengatakan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi pete dapat mengurangi resiko kematian karena stroke sebesar 40%.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat pete, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: