Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Aneka Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe - Manfaat Jahe tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu aneka masakan. Sudah sejak dulu, rempah bernama latin Zingiber Officinale ini sering digunakan untuk mengobati bermacam penyakit. Di Indonesia jahe juga sering dipergunakan menjadi obat tidak terkecuali saat ini juga orang Eropa mulai memanfaatkannya. Menggunakannya bisa dengan berbagai cara contohnya dinikmati dalam kondisi segar maupun sudah kering. Jahe juga bisa digunakan untuk campuran teh maupun berwujud kapsul dan pil.
manfaat jahe untuk diet,jahe untuk kecantikan,jahe untuk wajah,jahe putih,jahe untuk ibu hamil,jahe merah,
Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Cerah Dan Mulus

Jahe yang memberi efek hangat ini dipercaya mampu mengurangi iritasi, pyrosis, radang saluran napas, bronkhitis dan peradangan sendi. Walau demikian manfaat jahe yang paling popular yaitu menghilangkan rasa mual serta mengobati masalah pencernaan. Bahan alami yang terdapat pada jahe dipercaya efektif bekerja pada perut untuk mengobati rasa mual dan mencegah muntah, juga bisa memperbaiki kinerja otak dan sistem syaraf. Manfaat jahe untuk penyembuh juga sudah teruji secara ilmiah.

Suatu riset membuktikan bahwa jahe mampu meredakan perasaan mual yang sering muncul pada wanita yang mengandung. Para ahli juga merekomendasikan bahwa jahe bisa digunakan untuk menjadi alternatif pereda rasa mual dan muntah selama masa kehamilan, karena wanita hamil rawan jika menggunakan obat kimia yang bisa mengakibatkan keguguran maupun kelainan pada janin.

Beberapa riset juga membuktikan bahwa manfaat jahe dapat mengurangi rasa mual untuk keadaan lainnya, bukan hanya ketika hamil. Sejumlah keadaan yang bisa dituntaskan dengan penggunaan jahe adalah mual lantaran mabuk perjalanan, mual saat pagi hari dan rasa mual sesudah kemoterapi atau setelah operasi. Meskipun alami, penggunaan jahe untuk pengobatan sebaiknya juga dibatasi. Penggunaan yang terlalu banyak bisa menyebabkan beberapa efek samping contohnya bengkak dan iritasi lambung juga heartburn. Penggunaan Jahe yang disapukan langsung pada kulit juga bisa menyebabkan iritasi contohnya kemerahan atau pembengkakan. Lebih baik menggunakan jahe tidak melebihi 10g setiap harinya, atau kurang lebih 4 jari.

Manfaat jahe dalam bentuk wedang jahe juga ampuh untuk mengurangi berat badan. Jahe merupakan satu diantara 10 besar makanan pelarut lemak. Jahe adalah edible amphetamine yang dapat mempercepat metabolisme tubuh sebanyak 20%. Metabolisme tubuh yang meningkat artinya dapat menyegerakan tahap pencernaan makanan, yang akhirnya tidak mengakibatkan terjadinya timbunan lemak pada tubuh.

Jahe dapat bekerja melonggarkan pembuluh darah dan membakar kalori lebih cepat dengan hasil yaitu panas tubuh. Di samping itu, jahe cuma sedikit memiliki kandungan kalori yaitu lebih kurang 1 kalori setiap gram, dengan begitu tidak akan ada yang menyebabkan bertambahnya berat badan. Jahe dalam bentuk wedang jahe merupakan minuman yang enak dan sekaligus dapat menurunkan kelebihan berat badan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat jahe, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: