Laman

Rabu, 28 Oktober 2015

Aneka Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Buah Pepaya memang popular menjadi buah yang dapat melancarkan pencernaan manusia. Namun manfaat pepaya di bidang kesehatan tidak hanya itu saja. Dimulai dari daging buah, kulit hingga biji pepaya berperan menyehatkan tubuh manusia. Buah Pepaya memiliki kandungan senyawa papain yang berperan mengurai protein dalam metabolisme tubuh. Pepaya juga termasuk menjadi salah satu jenis buah pemasok kebutuhan serat yang baik, asam folat, karotenoid, vitamin A, lycopene, lutein dan asam amino esensial untuk tubuh yang sehat.
manfaat pepaya untuk diet,pepaya untuk kecantikan,pepaya untuk tubuh,pepaya untuk ibu hamil,pepaya untuk rambut,pepaya untuk bayi,pepaya untuk wajah,pepaya untuk kulit,
Baca Juga : Manfaat Pisang
Di samping itu, pepaya juga diperkaya dengan kandungan vitamin E 4 kali lebih tinggi, 50 % kalium lebih tinggi, 33 % vitamin C lebih besar dan jumlah kalori lebih rendah di banding jeruk. Konsentrasi vitamin C pada pepaya akan menyediakan cadangan energi sekaligus juga membantu orang yang mengalami gangguan tidur. Dalam sebuah pepaya yang masih utuh memiliki kandungan kalori rendah. Buah pepaya yang memiliki panjang 12,7 cm dengan garis tengah 7,6 cm memiliki 119 kalori, 24gr gula, 0,5gr lemak serta 5,5gr serat.

Selain daging buah, kulitnya juga melimpah akan kandungan gizi. Walau demikian harus dipahami bahwa kulit pepaya yang boleh dikonsumsi sebaiknya berasal dari pepaya organik, tidak tercemar senyawa kimia dan sisa-sisa pestisida saat penanamannya. Manfaat kulit pepaya dipercaya dapat mengobati ruam dan terpapar cahaya matahari juga mampu menghilangkan bercak hitam yang disebabkan karena proses penuaan.

Daun pepaya juga turut menyediakan peran untuk kesehatan tubuh. Beberapa ilmuwan dari University of Florida memanfaatkan ekstrak daun pepaya kering untuk membuktikan pengaruhnya pada 10 macam tumor. Masyarakat asli Australia juga sudah lama menggunakan ekstrak daun pepaya guna memberantas sel-sel kanker tanpa efek samping keracunan seperti pada kemoterapi.

Tidak terkecuali biji dan akar pepaya juga memiliki manfaat kesehatan. Sudah bebeberpa abad lalu akar dan biji pepaya dimanfaatkan untuk dijadikan teh yang bermanfaat untuk memberantas parasit, meredakan pendarahan, kolik ginjal serta sakit kuning. Sekitar 20 butir biji pepaya memiliki kandungan protein yang memiliki karakter yang mudah diolah, boleh ditelan atau dikunyah untuk membunuh berbagai macam jenis parasit. Suatu riset di Nigeria mendapati bahwa biji pepaya kering adalah obat yang ampuh dan yang pasti murah, alami dan mudah didapatuntuk membunuh parasit pada usus manusia tanpa terjadinya efek samping yang drastis.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat pepaya, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: