Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

Beberapa Manfaat Pisang Ijo

Pisang Ijo - Buah pisang termasuk buah-buahan tropis yang biasa dijumpai di Indonesia. Ada 10 varietas pisang yang dapat dikonsumsi, baik langsung maupun di proses lebih dulu. Salah satu jenis pisang tidak hanya lezat disantap namun sekaligus juga memiliki manfaat kesehatan. Pisang itu yaitu pisang ijo. Selama ini kita hanya mengenal manfaat es pisang ijo sebagai pelepas dahaga saat terik di siang hari atau sebagai menu buka puasa.
apa manfaat pisang,manfaat pisang hijau,kulit pisang,kacang ijo,
Baca Juga : Beribu Manfaat Edamame

Manfaat pisang ijo ternyata banyak, untuk kesehatan salah satunya adalah mengobati penyakit mencret khususnya mencret pada anak dan bayi. Berbagai riset diantaranya di Bangladesh berkenaan dengan manfaat pisang ijo ini. Saat orang terkena diare, absorbsi air dalam usus terjadi terlalu cepat, akibatnya kotoran yang dikeluarkan masih dalam kondisi cair. Manfaat pisang ijo ini dapat membantu menormalkan lagi kerja absorbsi air pada usus, dengan begitu organ pencernaan tak lagi bermasalah.

Di samping sebagai obat sakit mencret, manfaat pisang ijo juga bermanfaat untuk orang yang menderita maag. Manfaat pisang ijo untuk maag ini pastinya sudah di ketahui masyarakat. Selain itu pisang ijo juga bermanfaat dalam menghindari munculnya sariawan usus. Mengkonsumsi pisang ijo akan menunjang organ pencernaan selalu dalam kondisi baik dan sehat. Maka dari itu tidak aneh apabila pisang ijo acapkali disertakan menjadi salah satu pendukung menu makanan diet sehat. Pisang ijo dapat mencegah terjadinya maag akut yang sangat menyiksa kenyamanan kita dalam beraktifitas sehari-hari.

Manfaat pisang ijo nyatanya juga hingga ke tulang di tubuh kita. Pisang ijo terbukti dapat meningkatkan absorbsi unsur kalsium dalam tubuh. Dikarenakan kandungan lemak di dalamnya, pisang ijo dapat menjaga kesehatan sel sel tubuh, dengan begitu kalsium dapat diserap secara optimal. Absorbsi kalsium yang baik pastinya juga bermanfaat untuk kesehatan tulang di tubuh kita.

Pisang ijo seperti juga pisang lain juga memiliki kandungan phospor dengan takaran yang pas. Hal itulah dalam yang menjadikannya berperan pada perkembangan otak sekaligus kemampuan berpikir dan mengingat. Pisang juga bermanfaat untuk melindungi dan mencegah kerusakan gigi. Sekaligus bermanfaat ketika menderita infeksi mulut dan gusi karena buah pisang memiliki kandungan fluoride sebagai desinfektan. Pisang pada umumnya juga memiliki kandungan zat besi juga vitamin D yang berguna mencegah atau mengatasi gejala anemia serta defisiensi zat besi. Vitamin D dalam pisang akan mempermudah absorbsi zat besi di usus.

Apabila dibandingkan dengan buah apel maka pisang memiliki kandungan protein 4x lebih banyak, karbohidrat 2x lebih banyak, phosphor 3x lebih banyak, vitamin A dan zat besi 5x lebih banyak. Riset terbaru juga memperkuat bahwa pisang memiliki kandungan hormon yang berperan dalam mengontrol kerja sistem saraf. Manfaat pisang juga berperan dalam terapi gangguan psikologis dan depresi, terutama yang diderita anak-anak.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat pisang ijo, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: