Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Ini Manfaat Tidur Siang Yang Menakjubkan

Tengah hari sehabis makan siang ajakan untuk menyenderkan kepala begitu kuat. Kedua mata mendadak menjadi berat dan mendadak juga layar desktop tidak lagi menarik. Sebaiknya anda tidur sebentar untuk mengembalikan kondisi badan. Manfaat tidur siang sangat bagus untuk kesehatan walaupun hanya sebentar.
Baca Juga : Manfaat Kulit Manggis

Ketika tidur berbagai proses berlangsung dalam otak. Pada otak kanan menunjukkan kerja yang tinggi. Hal tersebut mungkin mengherankan sebab mayoritas orang menggunakan tangan kanan yang lebih banyak disetir oleh otak kiri. Namun selama tidur, otak kanan malah yang lebih aktif. Ketika istirahat siang, otak akan melakukan beberapa pekerjaan mental contohnya pengelolaan dan pemrosesan informasi. Di samping itu beberapa manfaat tidur siang yang utama yaitu :

1. Mendongkrak produktivitas kerja
Istirahat siang bisa mengamankan otak dari pemrosesan informasi yang terlalu berlebih dan mengelola informasi yang belum lama di terima oleh otak. Hal tersebut dengan sendirinya akan memperbaiki tingkat konsentrasi dan kinerja di kantor. Bahkan hasil riset mengatakan bahwa tidur siang dapat mengendalikan tekanan darah.

2. Memperbaiki daya mengingat
Suatu riset yang dilakukan pada tahun 2008 mengatakan bahwa istirahat siang setidaknya 45 menit akan membantu memperbaiki kemampuan mengingat. Peningkatan tersebut berlangsung pada fase slow-wave sleep alias tidur gelombang pendek seperti yang terjadi ketika tidur siang. Naiknya kerja otak ketika tengah tidur juga dipercaya bermanfaat ketika belajar bahasa asing. Kosa kata atau istilah baru menjadi gampang diingat apabila sering diucapkan ketika tidur.

3. Mengobati Susah Tidur
Hasil riset juga mengatakan bahwa seseorang yang istirahat siang setidaknya 15 menit akan menjadi lebih sigap dan tidak akan mengantuk meskipun saat malam hari sebelumnya tidak cukup tidur. Hasilnya memang bermacam-macam untuk setiap orang, namun suatu riset yang dilakukan pada tahun 2011 merekomendasikan bahwa manfaat tidur siang akan menjadikan pengidap insomnia menjadi lebih segar sebab jumlah waktu istirahatnya menjadi semakin panjang.

4. Mencegah terjadinya serangan jantung
Istirahat siang sebentar lebih kurang 20 hingga 40 menit bisa menurunkan kemungkinan terkena gangguan kardiovaskular contohnya stroke dan jantung. Hal tersebut menurut studi yang dilakukan oleh ilmuwan Yunani. Ilmuwan tersebut mendapati bahwa seseorang yang paling tidak tidur selama 1/2 jam 3 kali seminggu dapat mengurangi kemungkinan gangguan kardiovaskular sebanyak 37 %. Berdasarkan studi tersebut, tidur siang sebaiknya berlangsung antara jam 1 hingga 3 siang dengan tidak melebihi 45 menit. Kalau kelamaan malah akan menyebabkan kepala berat saat bangun.

5. Meredakan ketegangan
Penelitian mendapati bahwa hormon penyebab stres akan terjadi penurunan sesudah tidur siang, terlebih jika malam sebelumnya tidak bisa tidur nyenyak. Suatu penelitian di Jerman mendapati bahwa saat sejumlah pilot tidur tak lebih dari 7 jam semalam ketika akan bekerja, konsentrasi kortisol dalam darahnya naik secara mencolok dan akan tetap ada dalam 2 hari. Akan tetapi waktu istirahat siang walaupun sebentar, tingkat kortisol darah akan menurun setengahnya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat tidur siang, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: