Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

Manfaat Daun Kelor Untuk Menderaskan ASI

Daun Kelor - Dunia tak selebar daun Kelor, pepatah ini mungkin sering anda dengar, namun sudah pernahkah anda melihat daun kelor yang sesungguhnya? Tumbuhan yang memiliki istilah latin Moringa oleifera tersebut adalah jenis flora perdu yang dapat tumbuh lumayan tinggi hingga mencapai 8 meter. Meski tinggi menjulang, akan tetapi batang pohon ini tidak begitu besar. Batang pohon Kelor mudah patah dan memiliki cabang yang sedikit. Namun akar tanaman kelor sangat kokoh. Tidak cuma dipakai dalam peribahasa, tanaman kelor juga bermanfaat. Manfaat daun Kelor banyak dipakai untuk mengatasi beragam macam penyakit dan keluhan.
manfaat daun kelor untuk kesehatan,daun kelor untuk diabetes,daun kelor untuk mata,
Baca Juga : Beragam Manfaat Daun Binahong

Daun kelor dapat dikenali ketika berbunga sebab aroma bunga yang semerbak. Bunga tanaman kelor akan muncul sepanjang tahun dengan buah yang dinamakan klentang berpotongan segi tiga memanjang. Sementara getah yang keluar, lambat laun akan menjadi berwarna coklat. Apabila sudah berwarna coklat biasa dinamakan blendok. Pemanfaatan tanaman Kelor terutama adalah daunnya. Banyak bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar keluarnya ASI yang satu diantaranya adalah daun kelor. Daun Kelor yang biasanya digunakan adalah daunnya yang muda. Dengan sering mengkonsumsi daun kelor muda, produksi ASI akan deras sebagai sumber makanan utama bayi anda.

Tidak hanya untuk memperlancar ASI, manfaat daun kelor juga bisa menuntaskan gangguan perut, sembelit atau susah BAB serta kram perut. Ekstrak daun kelor juga bisa membunuh cacing parasit yang hidup dalam usus. Di samping itu ekstrak daun kelor dengan ditambah sedikit madu bermanfaat untuk mengobati penyakit mata serta bekas luka. Daun kelor memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan beberapa mineral penting lainnya. Ahli gizi mengatakan jika 200 mg daun kelor sama dengan kandungan gizi dari 4 butir telur ditambah 2 g susu. Sementara 100 g daun kelor sepadan dengan 75 kalori, 13 g karbohidrat, 60 g protein dan 353 mg kalsium. Komposisi mineral yang terdapat dalam daun kelor melebihi jenis sayur lain. Mineral itu contohnya tiamin, niacin, phospor, serta asam askorbik. Daun kelor juga diperkaya dengan unsur zat besi yang mampu menghindari dari anemia apabila dikonsumsi secara teratur.

Sudah banyak bukti jika manfaat daun kelor tidak semata menjadi tumbuhan peluntur susuk, namun sangat bagus sebagai makanan yang mampu membuat deras produksi ASI. Maka bagi ibu-ibu dengan si kecil yang masih menyusu, makan lah daun kelor paling tidak satu kali sehari. Apabila anda kesulitan dalam memperoleh daun kelor segar, maka saat ini sudah ada juga serbuk daun kelor yang praktis penggunaannya. Cukup dengan menyeduh 3 sendok teh per hari, anda sudah bisa memperoleh manfaat maksimal dari daun Kelor ini. Minum seperti anda meminum teh.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat daun kelor, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: