Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

Manfaat Energi Matahari Untuk Kesehatan

Energi Matahari - Bahaya kanker kulit sering menjadi alasan orang takut terkena cahaya matahari, padahal sejumlah peneliti dalam suatu riset terbaru mendapati bahwa terpaan cahaya matahari juga berguna untuk kesehatan. Sekumpulan peneliti University of Copenhagen meneliti selama 23 tahun dari data sekitar 4,4 juta orang-orang yang bertempat di Denmark. Itu diantaranya 130 ribu orang yang menderita kanker kulit non-melanoma karena terpapar cahaya matahari dengan umur 40 tahun ke atas. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang menderita kanker kulit non-melanoma yaitu 4% lebih sedikit kemungkinannya menderita serangan jantung. Kemungkinan mereka meninggal karena penyakit pun 48% lebih kecil. Manfaat energi matahari berupa paparan cahaya yang tentang kulit ternyata memang menyehatkan.
manfaat matahari bagi kesehatan,energi matahari dalam kehidupan sehari-hari,energi matahari bagi manusia,panas matahari,panas matahari bagi mahluk hidup,sumber energi matahari,
Baca Juga : Manfaat Es Cream Untuk Kesehatan Pun Ternyata Ada

Riset itu juga menunjukkan bahwa penderita kanker kulit non-melanoma itu malah menyebabkan kesempatan terkena infark miokard menjadi menurun, Begitu juga dengan bahaya patah tulang pinggul untuk responden dengan umur 90 tahun ke bawah. Karena itu sejumlah peneliti merekomendasikan supaya lebih sering mengkonsumsi makanan yang sarat kandungan vitamin D contohnya ikan salmon, minyak ikan, ikan tuna, telur, susu, jamur serta udang. Usaha lain yaitu dengan menerapkan perilaku sehat dan sering berkegiatan diluar rumah untuk memperoleh terpaan energi matahari.

Meskipun demikian, harus diperhatikan bahwa intensitas cahaya ultraviolet matahari yang intens adalah penyebab utama terjadinya kanker kulit. Terpaan cahaya matahari memang diperlukan untuk memperoleh asupan vitamin D alami sekaligus memelihara kesehatan tulang. Padahal intinya yaitu tidak harus terkena cahaya matahari dengan berlebihan, misalnya meningkatkan kegiatan diluar rumah pada pagi hari.

Suatu riset yang dilakukan Edinburgh University menunjukkan bahwa manfaat energi matahari dapat berperan dalam meredakan tensi darah, menurunkan beberapa resiko penyakit contohnya jantung dan stroke. Gangguan jantung dan stroke memiliki hubungan dengan tensi darah yang tinggi. Di Inggris diprediksi penyakit tersebut menyebabkan kematian lebih banyak 80 kali apabila dibandingkan kematian yang disebabkan oleh kanker kulit.

Intensitas Sinar ultraviolet yang terdapat di cahaya matahari juga dipercaya bisa memberikan suatu senyawa yang dapat mengurangi tekanan darah. Senyawa tersebut dinamakan dengan nitric oxide atau oksida nitrat. Unsur tersebut berproses tersendiri yang terpisah dari proses pembentukan vitamin D pada tubuh. Prosesnya sendiri akan bertambah cepat sesudah terkena energi matahari. Penggunaan suplemen vitamin D saja tak akan mampu mengganti kekurangan cahaya matahari. Sehingga direkomendasikan untuk sesekali beraktivitas diluar rumah saat pagi hari sebab keuntungannya yang sangat bagus untuk tubuh.

Bagi Anda yang menderita gangguan sulit tidur atau insomnia, maka anda bisa menggunakan manfaat energi matahari lewat berjemur pada pagi hari. Penetrasi cahaya matahari dapat memperbesar pembentukan hormon melatonin pada malam hari. Hormon tersebut berguna dalam membantu tubuh agar mudah tidur dengan lelap.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat energi matahari untuk kesehatan, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: