Laman

Jumat, 30 Oktober 2015

Manfaat Ikan Gabus Sebagai Sumber Albumin Murah

Ikan Gabus - Penyakit gagal ginjal, kanker, stroke, kencing manis dan tuberkolusis merupakan 5 penyakit berat yang diawali dengan kurangnya kandungan albumin dalam darah. Akibatnya pasien harus memperoleh pasokan albumin lewat jarum infus. Injeksi albumin berguna untuk menaikkan tekanan osmotik darah yang tadinya menurun yang mengakibatkan munculnya edema atau pembengkakan pada bagian tertentu tubuh. Untuk penderita gagal ginjal contohnya, pembengkakan terlihat nyata pada kaki. Selain lewat infus adakah cara lain? Ternyata dalam hal ini albumin ikan gabus dapat dimanfaatkan sebagai penyuplai kebutuhan albumin darah.
manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes,ikan gabus untuk patah tulang,ikan gabus bagi ibu hamil,ikan gabus untuk penyembuhan luka,ikan gabus untuk ibu hamil,
Baca Juga : 4 Manfaat Ikan Lele Untuk Menu Makanan Sehat

Pemberian albumin ikan gabus bisa dalam bentuk segar, jelly, kapsul maupun cair bisa digunakan. Ikan gabus selain memiliki kandungan albumin dengan jumlah melimpah, juga memiliki senyawa seng yang berguna untuk menyembuhkan luka. Karena itu warga Makassar dan Suku Dayak di Kalimantan sudah sejak lama memanfaatkan ikan haruan yakni nama untuk ikan gabus untuk mengobati luka sunat maupun luka seusai melahirkan.

Albumin pada ikan gabus juga memiliki kandungan sejumlah asam amino utama untuk tubuh contohnya lisin, arginin, valin, histidin, isoleusin serta glutamin. Asam amino glutamin contohnya berperan untuk menstimulasi imunitas tubuh dengan begitu akan membantu menyegerakan pemulihan luka. Adanya sejumlah asam amino itu penting dalam terbentuknya sel-sel baru sekaligus mengganti sel tubuh yang rusak. Beberapa penderita gagal ginjal, kanker stroke, kencing manis dan tuberkulosis yang mengikuti pengobatan menggunakan albumin ikan gabus ternyata memperoleh hasil yang memuaskan.

Bagaimana cara memanfaatkan ikan gabus untuk digunakan albuminnya? Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan 2 kilo ikan gabus segar, bersihkan organ dalamnya dan cuci hingga bersih.

2. Ikan gabus selanjutnya dikukus dalam waktu 40 menit menggunakan suhu yang tidak boleh melebihi 50 derajat celsius.

3. Daging dipisahkan dari tulangnya, lalu daging ikan gabus diblender dengan sebelumnya ditambah air secukupnya. Untuk menyingkirkan bau amis, perciki dengan beberapa tetes air jeruk nipis.

4. Takaran 2 kilo ikan gabus diatas berguna untuk sehari penggunaan. Larutan daging ikan gabus yang diblender tadi dikonsumsi 2 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari sekitar jam 7 pagi dan pada malam hari sekitar jam 7 malam.

Setelah melakukan terapi nutrisi ikan gabus ini selama 6 hari biasanya kadar albumin darah akan beranjak ke kadar normal. Riset yang dilakukan Universitas Brawijaya, Malang memperlihatkan kemampuan ekstrak albumin ikan gabus bisa sebagai ubah serum albumin buatan luar yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah setiap 10 ml. Sementara untuk sekali operasi setidaknya dibutuhkan 30 ml. Pemanfaatan albumin dari ikan gabus ini dimaksudkan untuk bisa menurunkan biaya pengobatan dengan albumin. Pemanfaatan albumin ikan gabus ini juga minim efek samping karena apabila berlebihan, akan diubah menjadi massa otot.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat ikan gabus, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: