Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Jagung Yang Menyehatkan

Jagung - Kesulitan menemukan cemilan yang bisa membuat kenyang akan tetapi tidak akan menaikkan berat badan? Tepat apabila pilihan Anda adalah jagung. Manfaat jagung di samping bisa sebagai menu makanan untuk program diet, jenis sayur-mayur ini terbukti juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Jagung memiliki kandungan nutrisi yang berlimpah. Jagung kaya akan vitamin B1, yang berguna untuk memproses karbohidrat ke bentuk energi. Juga vitamin B5 yang bermanfaat untuk membantu kerja fisiologis tubuh serta mengambil bagian penting pada beberapa proses metabolisme, contohnya pada proses pemecahan zat gizi makanan, khususnya lemak.

http://7manfaat.blogspot.com/2014/09/manfaat-jagung-yang-menyehatkan.html
Baca Juga : 5 Manfaat Jus Alpukat

Di samping itu jagung juga memiliki kandungan senyawa folat yang akan membantu tubuh membentuk sel-sel baru. Bukan hanya dalam buah jeruk, vitamin C juga bisa Anda dapatkan pada jagung sehingga hal inilah yang menjadikan jagung bagus untuk alternatif menu diet Anda. Jagung juga melimpah kandungan serat yang bisa membantu Anda mencegah masalah pecernaan diantaranya yaitu konstipasi atau susah BAB. Serat jagung sendiri mempunyai manfaat lain yakni menurunkan kemungkinan terkena kanker usus besar, mengurangi konsentrasi kolesterol dan konsentrasi gula dalam darah dari pengidap diabetes. Kelompok peneliti juga menyarankan untuk mengkonsumsi jagung bagi seseorang dengan keluhan anemia.

Saat ini juga ada riset terbaru yang membuktikan bahwa jagung dalam bentuk minyak jagung lebih cepat dalam mengurangi kadar kolesterol apabila dibandingkan dengan olive oil. Minyak jagung teruji dapat menurunkan konsentrasi LDL sebagai bentuk kolesterol jahat nyaris sebesar 11%, sedangkan minyak zaitun atau olive oil cuma mampu menurunkan lebih kurang sebesar 3,5%. Minyak jagung memiliki kandungan pitosterol lebih banyak dibandingkan olive oil. Pitosterol merupakan bahan yang didapati pada membran sel tumbuhan yang bisa memfasilitasi absorbsi kolesterol pada sistem pencernaan. Pada seporsi minyak jagung memiliki kandungan pitosterol sebanyak 132 mg apabila dibandingkan dengan seporsi olive oil yang hanya 30 mg.

Dikarenakan melimpah akan kandungan zat gizi, coba saja untuk mengkonsumsi jagung secara teratur. Gunakan jagung serta olahannya menjadi cemilan kesukaan maupun sebagai pilihan lauk. Kebutuhan serat setiap hari bisa tercukupi sekaligus juga terbebas dari bahaya kanker usus besar. Tinggalkan gula, margarin serta garam sebagai tambahan agar diperoleh manfaat yang optimal.

Jagung bisa dimasak menghasilkan bermacam lauk contohnya salad, bakwan maupun sup. Sangat nikmat apabila diolah menjadi puding, kue basah, cake dan variasi gorengan lain. Bila memungkinkan, konsumsilah jagung dalam kondisi segar tanpa adanya unsur penambahan agar memperoleh manfaat zat gizi dengan maksimal. Jagung bahkan bisa juga digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Sumber karbohidrat pada jagung sudah terbukti lebih menyehatkan ketimbang karbohidrat yang terdapat pada nasi salah satunya adalah menghindarkan seseorang dari terkena diabetes tipe 2.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaaat jagung, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: