Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Jinten Hitam

Jinten Hitam - Jenis rempah yang satu ini sangat imut bentuknya dengan rasanya yang pedas dan aromanya yang khas. Sering digunakan sebagai salah satu bumbu masakan Timur Tengah serta India. Meskipun kecil namun ia mempunyai komposisi nutrisi yang ampuh bagi kesehatan. Jinten hitam yang dalam bahasa latin dinamakan Nigella sativa merupakan bahan baku alami pengobatan herbal. Manfaat jinten hitam bisa untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya penyakit karena virus, kencing manis, kanker, asma dan epilepsi.
manfaat jinten hitam untuk asam urat,jinten hitam untuk kesuburan wanita,jintan hitam untuk ibu hamil,jinten hitam untuk wajah,dan madu,untuk kulit,
Baca Juga : Manfaat Jelly Gamat Gold G

Konsentrasi senyawa Nigelon, Timokuinon serta asam lemak tidak jenuh di dalamnya memiliki efek kemopreventif, anti-oksidatif sekaligus imunomodulator. Menurut hasil penelitian membuktikan bahwa ekstrak jinten hitam sangat efektif sebagai senyawa antikarsinogenesis karena dapat memperbesar produksi limfosit CD4, CD8, kandungan IFNgamma dan hematoprotektor untuk penderita HIV AIDS yang menderita penyusutan jumlah sel CD4.

Walaupun masih dalam ukuran laboratorium lewat pemberian ekstrak jinten hitam terhadap tikus, terungkap bahwa senyawa timokuinon memiliki sifat antikarsinogenesis terhadap tikus. Bahkan penambahan ekstrak jinten hitam dapat menurunkan tingkat kematian 81 hingga 97%, mencegah kerusakan hati dan ginjal, sekaligus memperbanyak kadar leukosit dan Hb. Manfaat jinten hitam juga bisa meredakan sebanyak 45 sampai 50% terjadinya produksi nodul dan mengurangi sampai 70-90 % produksi adenokarsinoma mamae tikus yang disebabkan oleh senyawa dimetilbenz (a) antracene.

Biji jinten hitam juga melimpah dengan zat besi yang bermanfaat menghambat munculnya anaemia pada wanita menyusui dan wanita mengandung. Manfaat jinten hitam juga dapat menangkal masalah pada organ pencernaan, kembung pada perut, mencret, mual-mual serta morning sickness. Lantaran memiliki efek sebagai antiseptik maka dapat membantu mengobati masuk angin. Tidak hanya itu, apabila anda sedang mengalami batuk maka bisa diredakan lewat mengkonsumsi jinten hitam. Ingus yang menempel pada tenggorokan akan mudah dikeluarkan. Sebagai obat penyembuhan masuk angin dan melindungi kesehatan saluran pencernaan, rebus sejumput biji jinten hitam menggunakan air secukupnya sampai mendidih lalu disaring. Minum ramuan tadi ketika masih hangat kuku.

Di daerah India bagian selatan malah air rebusan jinten hitam sering dijadikan sebagai minuman sehari-hari. Sebab jinten hitam dipercaya dapat menstimulasi pengeluaran enzim pankreas dalam membantu absorbsi nutrisi didalam metablisme tubuh. Di samping itu juga bisa memperbaiki kesehatan organ hati yang memiliki tugas untuk mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

Senyawa Histamin akan di produksi sistem imunitas tubuh karena respon terhadap alergi. Unsur Crystalline nigellone yang terdapat pada jinten hitam memiliki protein kinase C, yaitu senyawa yang di ketahui dapat mencegah produksi dan pelepasan Histamin. Konsumsi jinten hitam dapat meredakan gejala alergi untuk beberapa penderita bronkhitis, asma serta gangguan alergi lain tanpa adanya efek samping yang mengganggu.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat jinten hitam, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: