Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Labu Siam

Labu Siam - Satu di antara jenis sayur-mayur yang tidak boleh dipandang sebelah mata dalam hal nutrisinya adalah labu siam. Labu siam adalah tumbuhan merambat dengan kulit buah berwarna hijau muda dan halus pada permukaan luarnya. Memiliki bentuk sejenis buah pir akan tetapi pipih dan pasti mudah dibedakan dari yang lain. Labu siam memiliki kandungan energi yang cukup sedikit, senyawa antioksidan vitamin dan mineral dengan jumlah banyak. Dikarenakan kandungan kalorinya yang rendah dan melimpah akan kandungan serat, maka seringkali manfaat labu siam dianjurkan oleh ahli nutrisi sebagai makanan diet untuk mengendalikan kadar kolesterol dan menunjang gerakan pengurangan berat badan bagi mereka yang gemuk.
manfaat labu siam rebus,labu siam muda,labu siam untuk ibu menyusui,labu siam untuk ibu hamil,labu siam untuk diet,labu siam untuk bayi,labu siam untuk hipertensi,
Baca Juga : Manfaat Lumut Untuk Kehidupan Manusia

Mineral yang terkandung pada labu siam yaitu zat besi, phospor, mangan, tembaga dan seng. Semua mineral tersebut berperan untuk memperkuat tulang dan berperan mengaktifkan antioksidan yang berguna untuk menetralisir radikal bebas. Labu siam juga sebagai sumber yang sempurna kebutuhan vitamin B kompleks atau asam Folat. Diperkirakan untuk setiap 100gr labu siam segar mampu memberikan 93mg atau lebih kurang 23% asam folat yang dapat mencukupi kebutuhan harian yang disarankan. Senyawa asam folat sendiri termasuk unsur penting pada pembelahan sel serta pembentukan DNA dan turut serta membantu perkembangan janin selama dalam kandungan. Kecukupan asam folat bagi ibu hamil akan menurunkan kemungkinan timbulnya kelainan saraf pada bayi lahir.

Manfaat labu siam bisa diperoleh dengan mengolahnya secara sederhana contohnya di rebus langsung dan di nikmati dengan sambal. Atau bisa pula memproses labu siam untuk dijadikan sup yang segar sekaligus memperoleh manfaat kesehatannya.

Manfaat labu siam yang penting juga yaitu :

1. Menjaga tingkat koleseterol tetap terkendali
Labu siam dan juga jenis labu lainnya adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan kalori sangat kecil. Labu siam hanya memberikan kalori setiap 100 gramnya, dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh ataupun kolesterol jahat. Bahkan jenis sayur-mayur ini kaya dengan kandungan serat, senyawa antioksidan, vitamin dan mineral. Hidangan rendah kalori maupun sayur-mayur yang melimpah akan serat sering direkomendasikan oleh pakar diet untuk menjaga tingkatan kolesterol darah sekaligus juga mampu menurunkan berat tubuh yang berlebih.

2. Mengendalikan tekanan darah tinggi
Di samping menawarkan asupan zat gizi, labu siam juga berguna untuk kesehatan. Riset yang dilakukan oleh Purdue University membuktikan bahwa teh herbal yang terbuat dari daun labu siam dapat digunakan untuk menurunkan hipertensi, menyembuhkan batu ginjal, dan mengobati pembuluh darah arteri yang mengeras. Teh yang berisi daging buah labu siam mempunyai efek diuretik rendah dan digunakan untuk menyembuhkan gejala perut kembung.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat labu siam, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: