Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Manfaat Lumut Untuk Kehidupan Manusia

Lumut adalah flora berbentuk kecil yang sering kita jumpai menempel pada pohon-pohon, batu maupun pada tanah yang lembab. Kebanyakan lumut mempunyai warna hijau beserta bulu-bulu tipis yang ada pada setiap bagian tubuhnya. Sebagian orang merasa lumut merupakan tanaman pengganggu yang tidak berguna karena tumbuhnya yang seringkali pada area yang tidak layak. Padahal manfaat lumut lumayan banyak baik itu untuk flora lain, alam sekitar dan juga bagi manusia terutama untuk penyembuhan suatu penyakit.
manfaat lumut bagi kehidupan,manfaat virus bagi kehidupan manusia,hutan bagi kehidupan manusia,biologi bagi kehidupan manusia,danau bagi kehidupan manusia,
Baca Juga : Manfaat Mangga Untuk Tubuh

Lumut berkembang lebih dulu di sebuah tempat sebelum tanaman lain dapat tumbuh di tempat itu. Karena itu lumut dinamakan sebagai tanaman perintis. Lumut dengan ukuran mungil bertahan dengan membuat koloni dan dapat meliputi area yang luas. Manfaat lumut yang mati yaitu sebagai zat hara dan pupuk untuk tanaman lain di sekitarnya tidak terkecuali bagi lumut yang masih tersisa.

Jenis lumut ada kurang lebih 4.000 species dengan 3.000 species berkembang di Indonesia. Pada sebuah ekosistem, lumut biasanya berfungsi untuk penyimpan air, dan menjadi penyerap zat pencemar. Selain itu lumut dapat bertahan pada daerah yang mana flora lain tidak sanggup untuk hidup.

Manfaat lumut species tertentu dapat digunakan sebagai pelengkap dekorasi suatu ruangan. Species lumut yang lain dapat digunakan untuk sediaan obat, sementara manfaat lumut yang tumbuh di hutan-hutan dapat menyimpan air pada musim kemarau dan berperan dalam menahan erosi yang artinya bisa untuk menghindari suatu lokasi dari banjir.

Di samping manfaat tersebut, lumut juga dapat digunakan sebagai indikator biologis untuk memastikan tingkat degradasi habitat sekitar. Menurut hasil penelitian yang berlangsung di China, di ketahui bahwa 40 species tumbuhan lumut sudah lama dimanfaatkan masyarakat China untuk bahan obat contohnya untuk mengobati penyakit gatal dan penyakit lain yang disebabkan bakteri maupun jamur. 

Berbagai macam manfaat lumut untuk manusia diantaranya yaitu :
  • Dapat digunakan sebagai pengganti ijuk.
  • Dapat menghambat munculnya banjir yang diikuti erosi.
  • Memberikan pasokan air sebab dapat menyimpan air pada musim panas.
  • Lumut species tertentu dapat digunakan untuk obat contohnya obat penyakit mata, gangguan mata, ataupun penyakit kulit.
  • Dapat digunakan sebagai bahan anti-kanker, anti-bakteri dan antiseptik.
  • Mampu menetralisir racun bisa gigitan ular.
  • Dapat digunakan untuk mengobati luka bakar.
  • Menjadi bahan penstimulus tumbuhnya rambut.
Termasuk tanaman tingkat rendah, lumut memiliki manfaat yang tidak kalah hebat dari tanaman lain. Sejumlah species bryophyta di samping adalah flora pelopor, juga bermanfaat untuk pengobatan dan mempunyai nilai keindahan untuk tanaman hias. Sejumlah lumut species sphagnum atau lumut rawa memiliki manfaat bagi kesehatan yakni sebagai bahan untuk obat sakit kulit dan penyakit mata.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat lumut, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: