Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Rebusan Kulit Manggis Dan Cara Membuatnya

Buah manggis yang mempunyai rasa manis agak kecut sungguh nikmat dan segar saat didalam mulut, akan tetapi tentunya Anda akan segera mencampakkan kulitnya sesudah buahnya Anda makan. Mulai dari sekarang jangan Anda buang lagi kulit manggisnya. Kulit manggis memiliki komposisi senyawa alami yang baik untuk kecantikan ataupun kesehatan tubuh Anda. Pasti anda belum pernah mengonsumsi kulit manggis, benar kan? Ingin mencobanya? Manfaat rebusan kulit manggis ternyata bisa untuk menanggulangi berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga penyakit parah yang dapat mengancam nyawa si penderitanya.
Baca Juga : Manfaat Rumput Fatimah

Buah manggis memang akhir-akhir ini menjadi demikian popular tidak cuma daging buahnya saja yang memiliki kandungan senyawa yang menguntungkan, kulit buahnya juga bermanfaat. Kulit manggis memiliki komposisi bahan alami yang menguntungkan bagi tubuh. Kulit manggis melimpah akan kandungan antioksidan terutama Xanthone, asam Tannin, asam fenolat maupun antosianin yang bermanfaat tidak hanya untuk merevitalisasi kulit namun bisa juga sebagai obat anti-kanker, anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Pada kulit manggis juga memiliki kandungan air, protein, lemak sekaligus karbohidrat yang bagus jika dikonsumsi ketika Anda sedang menjalankan program diet. Manfaat rebusan kulit manggis juga memiliki manfaat anti mencret dan oleh karena itu sangat bagus untuk minuman diet. Cara menggunakannya juga mudah. Cukup siapkan kulit manggis yang sudah dibersihkan, lalu rebus bersama air. Air rebusan kulit manggis yang sudah dingin segera diminum dengan takaran sehari minum dua gelas. Jika anda tidak mau repot, sediakan kulit manggis dalam jumlah banyak dan rebus menggunakan air bersih yang banyak. Sesudah mendingin, simpan air rebusan di lemari es. Anda bisa meminumnya kapan pun yang anda inginkan. Yang jelas harus teratur ya!

Harus diperhatikan jika sistem pencernaan kita tidak begitu tahan maka sebaiknya meminum air rebusan kulit manggis dari kulit manggis segar. Apabila sistem pencernaan anda sehat maka mengkonsumsi kulit manggis dapat dengan membuat wedang dari kulit manggis, kopi kulit manggis, jus kulit manggis, seduhan serbuk kulit manggis maupun kapsul kulit manggis.

Untuk mengawetkan kulit manggis dapat dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Kulit manggis tahan terhadap panas dan tidak akan menghilangkan kandungan di dalamnya. Ini tidak sama dibandingkan daun sirsak yang tidak tahan panas dengan begitu proses pengeringan hanya dengan diangin-anginkan saja. Meskipun kulit manggis tahan terhadap panas namun disarankan temperatur pengeringan kulit manggis tidak lebih dari 60 derajat Celcius supaya senyawa enzim di dalamnya tidak rusak. Lama waktu merebus kulit manggis pun paling baik yaitu 1/2 jam saja.

Kulit manggis jika ingin mengambil manfaatnya, berdasarkan penuturan sejumlah pakar herbal sebaiknya digunakan bersamaan dengan bahan pelengkap lain contohnya jahe, kunyit, jintan, pala, bunga cengkih, asam, bunga rosella, kencur, pala dan sebagainya.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat kulit manggis, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: