Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Rumput Fatimah Untuk Melancarkan Persalinan, Benarkah

Sebagian wanita hamil meyakini bahwa mengkonsumsi air rendaman rumput fatimah akan mempermudah saat proses melahirkan. Di Indonesia sendiri rumput fatimah sangat sulit didapatkan sehingga untuk mendapatkannya harus dengan susah payah. Dari sisi medis sendiri belum ada yang membuktikan manfaat rumput fatimah untuk memperlancar persalinan ini.
Baca Juga : Manfaat Sauna

Meskipun terdapat sejumlah studi yang membuktikan bahwa pada tumbuhan rumput fatimah ditemukan suatu senyawa sejenis oksitoksin yang mampu menyebabkan kontraksi rahim. Namun tidak jelas berapa jumlah pasti konsentrasi senyawa itu dalam rumput fatimah. Senyawa yang serupa dengan oksitoksin di dalamnya itu sebagaimana obat yang digunakan untuk meng-induksi wanita hamil supaya timbul kontraksi pada rahim. Riset yang dilaksanakan oleh sejumlah pakar di Malaysia tahun 1998 lalu memang membuktikan bahwa tumbuhan rumput fatimah mempunyai komposisi oksitosin di dalamnya.

Cara memakai tumbuhan ini biasanya dengan di rendam sampai terlihat mengembang. Selanjutnya air rendaman itu diminum oleh ibu hamil yang mendekati hari-hari melahirkan agar proses melahirkan bisa berjalan lancar. Rumput fatimah sendiri adalah tumbuhan semak-semak yang hidup di wilayah Timur Tengah dan seringkali digunakan sebagai oleh-oleh oleh mereka yang baru pulang berhaji.

Tumbuhan ini dinamakan Kaf Mariyam dalam bahasa arab yang bermakna telapak tangan Mariyam. Bagian tumbuhan ini yang seringkali dimanfaatkan yaitu akarnya dengan merendamnya terlebih dulu dan kemudian diminum airnya. Karena belum jelas benar berapa persen kandungan senyawa aktif pemicu kontraksi rahim ini maka penggunaannya harus hati-hati. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya dengan tujuan untuk mempermudah persalinan. Sebab apabila senyawa sejenis oksitosin itu diminum terlalu banyak bisa saja menyebabkan efek samping yang membahayakan berupa sobeknya rahim.

Karena belum ada bukti ilmiah yang benar-benar jelas, untuk itu ada baiknya jika wanita hamil lebih berhati-hati apabila ingin menggunakannya supaya tidak membahayakan dirinya juga janin yang ada dalam kandungannya. Apabila ibu hamil benar-benar mau mengkonsumsi rumput fatimah dalam membantu proses melahirkan, maka harus ingat beberapa hal. Pemakaian rumput fatimah sebelum ibu hamil benar-benar akan menghadapi persalinan dapat berbahaya. Sebaiknya rumput fatimah dipakai saat pembukaan rahim sudah diatas bukaan 6, ketika Si ibu akan melahirkan. Menggunakan rumput fatimah sebelum bukaan 6 maupun ketika ketuban pecah dapat mengakibatkan kontraksi yang membahayakan untuk si janin dan ibu.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat rumput fatimah, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: