Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Sauna Ternyata Lebih Dari Sekedar Untuk Relaksasi

Sauna alias mandi uap sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Ada beragam manfaat sauna guna penyembuhan berbagai penyakit. Dengan berjalannya waktu maka dilakukan berbagai modifikasi dan inovasi, mandi sauna ini pun tersebar ke seantero penjuru dunia. Selama ini manfaat sauna dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya membantu penanganan penyakit sinusitis, membantu fungsi ginjal agar berjalan dengan normal, mengobati astma sampai menuntaskan penyakit radang paru-paru.
Baca Juga : Manfaat Quiona

Saat ini di sejumlah kota besar sudah ada layanan mandi sauna yang memiliki fungsi tersendiri untuk kesehatan. Sauna adalah aktifitas yang dilakukan ditempat tertutup menggunakan alat pemanas hingga diperoleh temperatur sekitar 70 derajat celsius. Dalam keadaan seperti itu temperatur tubuh akan naik hingga berkisar 38 sampai 40 derajat celsius cuma dalam 2 menit saja. Penenangan diri yang berlangsung dalam sebuah ruang yang dialiri dengan uap air panas yang mempunyai berbagai manfaat, diantaranya :

1. Merangsang pembentukan kolagen
Berdasarkan penuturan Dr. Lawrence Wilson, seorang pakar serta penulis buku tentang manfaat sauna, pembentukan senyawa kolagen makin bertambah selagi seseorang mandi sauna. Naiknya produksi kolagen ini pastinya bagus untuk mempercepat terkelupasnya kulit mati sekaligus akan mempercepat pembentukan sel kulit baru.

2. Melancarkan sirkulasi darah
Saat tengah mandi sauna, detak jantung mampu bertambah cepat sampai 50 %. Dikarenakan percepatan itulah, sirkulasi darah yang mengalir juga akan bertambah sebesar 30 hingga 50 %. Kelancaran sirkulasi darah ini dengan mengangkut oksigen dan zat gizi yang semakin banyak untuk kebutuhan kulit. Sehingga kulit akan terlihat makin sehat dan fresh.

3. Sarana detoksifikasi tubuh
Paling tidak 30 % racun yang tertimbun dalam tubuh bisa dibuang melalui keringat. Ketika melakukan sauna, uap air panas akan menyebabkan semakin banyak dikeluarkan keringat. Dengan membesarnya ukuran pori-pori kulit dan keluarnya keringat, maka racun yang mengendap dibawah kulit juga akan keluar. Paling tidak dibutuhkan waktu 2 menit untuk mandi sauna agar tubuh mulai panas. Sesudah tubuh memanas dan keringat keluar, tahap detoksifikasi tubuh juga dimulai.

4. Berperan dalam menanggulangi Infeksi
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Universitas Eberhard-Karls di Jerman, cauran keringat berisi semacam protein yang disebut dengan dermcidin yang akan berperan dalam mencegah bakteri. Keluarnya keringat ketika sauna bisa memberikan peluang pada dermcidin itu menjadi sejenis tameng yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Walaupun manfaat sauna tidak diragukan lagi keefektifannya, namun sebaiknya mandi sauna jangan melebihi 20 menit sebab bila keringat tanpa henti dibuang dari tubuh maka akan menyebabkan dehidrasi, sesak napas, mual, pusing dan pada akhirnya malah pingsan. Sejumlah pakar merekomendasikan supaya memperoleh hasil yang optimal, mandi sauna sebaiknya antara 15 hingga 20 menit saja.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat sauna, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: