Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Sirih Merah

Tanaman Sirih merah atau nama ilimiahnya adalah piper crocatum sepertinya tidak begitu beken bila di banding dengan saudaranya si sirih hijau terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Flora ini bahkan lebih popular sebagai tanaman hias, walaupun manfaat sirih merah untuk kesehatan tidak terhitung banyaknya. Morfologi daun sirih merah maupun sirih hijau tidak berbeda hanya saja daun sirih merah dengan warna merah agak perak.
manfaat sirih merah untuk keputihan,sirih merah untuk kecantikan,untuk diabetes,untuk asam urat,untuk wajah,sirih merah untuk mata,
Baca Juga : Manfaat Senam Aerobik

Daun sirih merah memiliki kandungan senyawa fitokimia berupa saponin, alkaloid, terpenoid, flavonoid dan tanin. Senyawa aktif yang paling banyak berupa senyawa alkoloid. Senyawa ini termasuk sebagai bahan organik dengan kandungan nitrogen. Sementara itu unsur lain Sama polevenolad dan flavonoid memiliki efek sebagai anti-diabetes, antioksidan, anti kanker, anti-bakteri sekaligus sebagai senyawa anti-inflamasi.

Diluar dari berbagai senyawa tadi pastinya masih ada lagi senyawa bermanfaat lain yang terkandung pada daun sirih merah. Senyawa tanin contohnya, unsur ini bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan. Sama seperti pada sirih hijau, sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit keputihan sekaligus juga memelihara kesehatan organ intim wanita. Cukup rebus 10 helai daun sirih merah, lalu pakai air rebusan tadi untuk mencuci alat vital wanita maka masalah keputihan dan penyakit organ intim lainnya dapat dituntaskan. Sirih merah selain menjadi tanaman hias terbukti pula dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit parah contohnya kencing manis, kanker, tekanan darah tinggi, sumbatan batu ginjal, ambeien dan penyakit hati.

Untuk memperoleh manfaat kesehatannya maka daun sirih merah dimasak bersama air sampai mendidih dan air rebusan berkurang. Untuk 3 helai daun sirih merah tua cukup di rebus memakai 3 gelas air. Air hasil rebusan tadi sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Air rebusan sirih merah memang pahit terasa, maka itu untukmenghilangkan rasa pahit boleh ditambahkan sedikit madu. Air rebusan sirih merah lalu diminum 3 kali sehari pada saat pagi, siang serta malam hari sebelum tidur. Air rebusan daun sirih merah juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi sekaligus juga untuk memperoleh nafas yang segar dan mulut yang tidak bau.

Sekarang sirih merah sudah banyak diproses berbentuk ekstrak murni maupun dengan dicampur bahan herbal lainnya. Ekstrak sirih merah ini banyak di tawarkan di toko herbal ataupun klinik pengobatan herbal. Tidak usah khawatir apabila ingin mengkonsumsi ekstrak sirih merah ini sebab khasiat kesehatannya tidak akan menurun. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat sirih merah, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: