Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Susu kedelai

Kebanyakan orang mengkonsumsi susu kedelai karena alergi pada laktosa sebagai penyusun karbohidrat utama susu sapi. Faktanya susu kedelai memang bukan merupakan susu seperti susu sapi, tetapi hanya sejenis minuman yang di buat dari sari kedelai. Manfaat susu kedelai bagus untuk kesehatan namun bisa juga menimbulkan masalah tertentu. Lalu apa saja manfaat susu kedelai untuk kesehatan? Berikut penjelasan lengkapnya :
 Baca juga : Manfaat suntik vitamin c

1. Alternatif menyehatkan selain susu sapi
Susu kedelai berperan sebagai pengganti susu sapi maupun susu kambing. Susu kedelai adalah penyuplai protein tinggi dengan kandungan asam amino esensial lengkap plus lagi memiliki kandungan asam lemak esensial, beberapa macam vitamin, kolin, fitonutrien dan juga sejumlah mineral penting. Susu kedelai juga memiliki 42 kali lebih banyak mineral mangan layaknya pada susu sapi. Senyawa mangan dibutuhkan pada pembuatan sel-sel tulang. Seseorang yang terkena anemia juga memerlukan mangan untuk proses pembentukan sel darah merah.
Susu kedelai juga memiliki 4 kali lebih banyak kandungan vitamin B1 dan 2 kali lebih banyak vitamin B3 bila di banding susu sapi.

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah
Susu kedelai memiliki kandungan lemak lebih rendah di banding susu sapi namun ia tidak memiliki kandungan kolesterol LDL atau kolesterol buruk. Susu kedelai di buat dari kedelai sehingga memiliki kandungan lemak jenuh lebih sedikit ketimbang susu sapi. Selain itu, susu kedelai kaya akan asam lemak sebagai jenis lemak sehat. Manfaat susu kedelai dapat mereduksi kandungan LDL dan menurunkan bahaya serangan jantung koroner. Kandungan senyawa phytochemical yang melimpah sangat baik bagi kesehatan fungsi hati.

Namun di balik manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan, mengkonsumsi susu kedelai juga memberikan beberapa efek samping diantaranya :

1. Menurunkan tingkat kesuburan pada pria
Karena kandungan fitoestrogen isoflavon yakni senyawa dengan sifat seperti hormon oestrogen yang dapat beresiko pada berkurangnya kesuburan pria. Konsumsi makanan dengan bahan utama kedelai tidak terkecuali susu kedelai dari hasil penelitian ternyata dapat menurunkan jumlah sperma. Kecuali isoflavon, kedelai juga memiliki kandungan senyawa genistein serta daidzein di mana keduanya juga memiliki efek seperti oestrogen dan popular dengan sebutan fitoestrogen atau hormon oestrogen yang di buat oleh tanaman. Hormon oestrogen yang berlebihan pada laki-laki dapat menyebabkan payudara membesar, terhentinya pertumbuhan rambut jenggot serta hilangnya rambut tangan dan kaki. Paling parahnya yaitu timbulnya masalah ereksi.

2. Efek Samping seandainya kedelai itu adalah hasil manipulasi genetik
Ada kurang lebih 93 % dari total tanaman kedelai yang dibudidayakan di Amerika bersumber dari rekayasa genetik. Kedelai rekayasa genetik dapat menaikkan kemungkinan terserang penyakit maupun akibat sampingannya contohnya masalah pencernaan, gangguan jantung, kelenjar tiroid tidak berfungsi dan bahkanbisa juga memberi pengaruh pada fungsi reproduksi.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat susu kedelai, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: