Laman

Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Temulawak Dari Penambah Nafsu Makan Sampai Penyembuh Liver

Pada Kesempatan Kali ini akan dibahas mengenai manfaat temulawak. selain untuk memelihara kesehatan tubuh, temulawak juga sering digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Tidak hanya itu, manfaat temulawak bahkan dapat mengurangi konsentrasi low-density lipoprotein (LDL) atau yang sering dijuluki kolesterol jahat. Cara penggunaannya di samping membeli bubuk temulawak instan, orang sering memakai cara lama yaitu dengan merebusnya.
Manfaat Temulawak, Manfaat, manfaat temulawak untuk kecantikan,manfaat kunyit,manfaat temulawak dan kunyit,manfaat jahe,manfaat kunyit putih,untuk wajah,sebagai obat,
Baca juga : Manfaat Telur

Dari hasil riset, manfaat temulawak bisa sebagai senyawa hepatoprotektor yang mampu menjaga liver dari efek mengkonsumsi obat kolesterol dalam waktu lama, mengobati hepatitis dan peningkat nafsu makan. Temulawak bisa mengobati penyakit hati di mana level SGPT dan SGOT-nya melebihi normal dalam 6 bulan lebih. Kecuali itu termasuk juga penyakit hati yang berhubungan dengan virus B, C, maupun B dan C. Cara merebusnya pun biasa saja, namun tidak dianjurkan merebus temulawak menggunakan panci aluminium sebab unsur dalam aluminium bisa bereaksi dengan senyawa aktif dalam temulawak yang akan menyebabkan terjadinya keracunan. Sebaiknya gunakan saja teknik lama. Gunakan panci tanah liat yang biasanya dikhususkan untuk merebus jamu.

Bagi anak-anak, temulawak juga bermanfaat. Ketika anak tidak mau makan, orangtua sering mencekokinya dengan sari temulawak. Manfaat temulawak sebenarnya terdapat dari senyawa yang ada di dalamnya berupa senyawa berwarna kuning atau kurkumin, sekaligus rhizoma-nya atau batang sebelah bawah. Kandungan kurkumin memiliki beragam manfaat diantaranya analgesik, antioksidan serta antiradang.

Pada sebuah eksperimen memberikan ekstrak temulawak ke pengidap liver. Pada ekstrak temulawak sebanyak 230 mg, terdapat senyawa kurkumin sebesar 25 mg sekaligus juga minyak atsiri sebanyak 94 mg. Ekstrak temulawak berwujud kapsul tersebut diberikan pada penderita liver 3 kali dalam sehari dalam periode waktu 12 minggu. Hasil yang diperoleh, para penderita liver itu terjadi perbaikan kondisi liver mereka. Penderita liver itu ada yang kandungan SGPT-nya berkurang yakni 75 %, sementara yang SGOT-nya berkurang ada 85 % dari seluruh relawan penderita liver itu.

Sejumlah 78 % penderita liver itu, kadar bilirubin-nya menurun. Seperti di ketahui pada penderita liver apabila konsentrasi bilirubin dalam tubuh mereka lebih dari 2 mg setiap desiliter maka akan menyebabkan warna tubuh menguning. Bila sudah mencapai tingkat tubuh menguning ini, pengidap akan mengalami air kencing memiliki warna kuning pekat seperti warna teh. Di samping itu putih bola mata, selaput lendir langit-langit mulut, dan kulit juga turut menguning. Jika mengalami rintangan pada aliran empedu yang menuju usus maka feses akan memiliki warna putih pucat menyerupai dempul.

Untuk mengatasi liver dengan memanfaatkan khasiat temulawak ini cukup mudah. Sediakan 2 jari temulawak dan madu sesuai kebutuhan. Temulawak dikupas kemudian dicuci dan terakhir dibasuh memakai air masak selanjutnya diparut. Tuang 1/2 gelas air hangat plus 1 sdm madu. Aduk-aduk sebentar lalu disaring dan diminum dua kali sehari.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat temulawak, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: