Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Paham Berbagai Manfaat Jengkol

Jengkol - Naiknya harga jengkol sampai melampaui harga jual daging ayam menimbulkan berbagai tanggapan. Tidak terkecuali juga kalangan dokter yang ikut menanggapi manfaat jengkol sekaligus kerugiannya yang sudah lama menyebabkan perbincangan di kalangan penikmat jengkol. Dari dulu sejumlah orang terutama kalangan penikmat jengkol mempercayai bahwa hidangan ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Bagi penderita diabetes, buah jengkol diyakini mampu menormalkan kadar gula darah sementara bagi penderita anemia bisa meningkatkan volume sel darah.
manfaat jengkol untuk diabetes,jengkol untuk ibu hamil,jengkol untuk ibu menyusui,jengkol kanker,jengkol dan pete,manfaat jengkol muda,
Baca Juga : Manfaat Jagung Yang Menyehatkan

Jengkol yang dalam bahasa latin disebut dengan Archidendron pauciflorum memiliki kandungan bermacam vitamin, mineral serta kandungan serat. Manfaat jengkol selain sebagai bahan masakan nan lezat juga memiliki kegunaan sebagai sumber senyawa diuretic yang dapat memperlancar keluarnya urine, dan hal itu sangat baik untuk pengidap jantung koroner. Bukan hanya itu, kandungan serat di dalamnya dapat memperlancar BAB sehingga secara tidak langsung dapat merampingkan perut buncit lantaran kesulitan buang hajat. Sebab itu juga jengkol dikonsumsi untuk pencuci perut yang mujarab di samping buah apel.


Manfaat jengkol lainnya adalah mencegah terjadinya gejala kencing manis disebabkan konsentrasi asam dan mineral di dalamnya. Walau demikian kandungan asam jengkolat yang berujud kristal dan tidak gampang larut dalam air perlu diwaspadai. Oleh sebab itu anjuran menyantap jengkol yakni tidak boleh berlebihan, sebab ginjal bisa-bisa tidak mampu memfilter asam jengkolat apabila berjumlah kelewat banyak dan akibatnya terjadi kesulitan berhenti kencing atau seringkali dikatakan sebagai anyang-anyangen. Apabila keadaan yang sudah gawat, kristal asam jengkolat tersebut bisa memampetkan saluran kencing dan menyebabkan rasa sakit ketika kencing.

Asam jengkolat memiliki efek menyerupai asam urat, di mana dalam kadar tinggi dapat membentuk kristal dalam kencing. Asam jengkolat menciptakan kristal dengan ujung tajam yang dapat mencederai pembuluh darah pada ginjal serta saluran urine. Itulah kenapa seseorang yang terbiasa menyantap jengkol akan susah kencing. Jika didiamkan berlanjut maka bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal. Urine tidak bisa keluar disebabkan terjadi retensi urine atau sering juga diistilahkan kejengkolan. Untuk menuntaskannya, asam jengkolat bisa terlarut dengan mengkonsumsi bikarbonat yang memiliki karakter basa. Karenanya jika selesai menyantap jengkol, konsumsi air putih sebanyak mungkin atau minum minuman soda supaya tidak muncul retensi urine.

Seperti juga jenis sayuran lain, jengkol juga memiliki kandungan protein tinggi layaknya kacang-kacangan. Kandungan proteinnya menjadikan jengkol bisa disejajarkan dengan tempe dan tahu yakni makanan terpopuler didunia yang disebut sumber protein nabati. Juga menjadi sumber vitamin dan mineral potensial. Yang paling utama yaitu konsentrasi vitamin B, vitamin C ataupun antioksidan. Seluruhnya merupakan unsur penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mineral zat besi dalam jengkol dapat digunakan untuk mengobati gejala kekurangan sel darah merah atau anemia. Sekali lagi perlu diingat, jangan makan jengkol berlebihan atau anda akan mendapatkan masalah karena jengkol!

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat jengkol, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: