Laman

Kamis, 29 Oktober 2015

Semua Manfaat Kacang Tanah Yang Hebat

Kacang Tanah - Aneh rasanya jika anda belum pernah mengonsumsi cemilan renyah gurih ini. Kacang dengan beragam macam variasi olahannya yaitu cemilan terpopuler di Indonesia. Kacang goreng, kacang rebus, kacang atom, kacang bandung semua berasal dari bahan baku yang sama yakni kacang tanah. Namun kacang tanah sering dihindari sebab dituding menjadi biang keladi timbulnya jerawat pada wajah. Sekalipun manfaat kacang tanah yang kaya mineral dan vitamin bagi tubuh sangat banyak.
manfaat kacang tanah rebus bagi tubuh,kacang tanah sangrai,kacang tanah untuk diet,kacang tanah untuk ibu menyusui,kacang tanah untuk kesuburan,untuk kecantikan,
Baca Juga  : 7 Manfaat Kayu Manis Yang Harus Anda Ketahui

Mengemil kacang sambil melihat TV maupun sambil ngobrol benar-benar menyenangkan. Biasanya bahkan sampai susah diakhiri sebelum kacang di meja ludes. Walau demikian banyak orang yang menghindari mengonsumsi kacang disebabkan takut gemuk maupun dihinggapi jerawat. Kacang tanah memiliki kandungan protein nabati yang lumayan banyak. Wajar apabila kacang tanah tetap digunakan sebagai salah satu menu pendukung diet sehat kebanyakan orang.

Selanjutnya kandungan gizi apa saja yang ada dalam kacang tanah ini? Pada setiap jenis kacang-kacangan terdapat senyawa polifenol antioksidan utamanya unsur asam p-coumaric. Kacang tanah dengan pemrosesan disangrai akan memperbesar konsentrasi asam p-coumaric dan berarti akan memperbesar jumlah antioksidan di dalamnya jadi sekitar 22%. Antioksidan kacang tanah sangrai menyamai kandungan antioksidan pada blueberry dan strobery. Malah kandungannya melampaui yang terkandung pada wortel, apel juga bit.

Kacang tanah tawar bermanfaat untuk memperlancar pembuluh arteri. 1 1/4 cangkir kacang tanah, memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal yang sepadan dengan 1 sdm olive oil. Asam lemak tidak jenuh tunggal ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh sebab dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat pada darah. Konsentrasi nicotinic acid yang melimpah pada kacang tanah dapat memulihkan sel-sel rusak dan menjaga tubuh dari serangan Alzheimer dan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan umur.

Kacang tanah merupakan penyuplai vitamin E yang sudah diketahui sejak dulu. Vitamin E termasuk salah satu antioksidan yang efektif mencegah terjadinya kanker dan gangguan cardiovascular. Kacang juga memiliki konsentrasi zat besi sangat bagus untuk pembentukan sel-sel darah merah. Bila anda kebetulan tidak suka dengan bau amis susu, anda dapat menggantinya dengan kacang sebab kacang memiliki kalsium yang bagus untuk pembentukan sel-sel tulang.

Pada kacang tanah juga terdapat senyawa resveratrol bioflavonoid yang besar. Bioflavonoid tersebut bermanfaat dalam membantu memperbaiki aliran darah pada otak sebesar 30%, dengan begitu akan menurunkan kemungkinan terserang stroke. Dengan cara menyantap kacang tanah setiap hari maka akan dapat menurunkan kandungan kolesterol jelek dalam darah sampai 14%. Manfaat kacang tanah dengan kandungan seratnya akan membantu tubuh terjauhkan dari kemungkinan munculnya selsel kanker pada usus besar. Juga mendukung percepatan pembentukan hormon pria dan wanita.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat kacang tanah, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: