Laman

Sabtu, 31 Oktober 2015

Ternyata Manfaat Durian Untuk Menunjang Kesehatan Pun Ada

Durian - Kalau orang menyebut durian, maka yang terbersit dipikiran kita adalah buah nikmat namun buruk lantaran konsentrasi lemaknya yang sangat tinggi. Namun tidak usah buru-buru takut, apabila disantapnya tidak terlalu banyak, manfaat durian malah bisa menjadi obat. Durian merupakan buah terbanyak yang memiliki kandungan karbohidrat, lemak dan protein. Bukan hanya itu saja karena serat, potassium, magnesium, asam folat, zinc dan besi juga terdapat di situ.
Ternyata Manfaat Durian Untuk Menunjang Kesehatan Pun Ada,
Baca Juga : Manfaat Ever E

Dikarenakan kalori di dalamnya yang banyak, durian memiliki efek panas, artinya penderita diabetes maupun ibu hamil dilarang mengkonsumsi durian. Pada 100 g buah durian ada 147 Kkal. Artinya apabila orang menyantap 1 kg durian, kalori yang akan diperoleh sejumlah 1.470 Kkal atau sama dengan porsi makan satu hari. Buah Durian juga memiliki kadar gula dalam jumlah banyak meskipun terdapat juga mangan yang mampu mempertahankan tingkat gula selalu stabil.

Masalah perut juga akan dialami apabila durian dikonsumsi berbarengan dengan minum alkohol. Suatu riset di Universitas Tsukuba Jepang menunjukkan bahwa konsentrasi sulphur dalam durian mampu mencegah metabolisme alkohol dan bisa menyebabkan kematian. Hal tersebut merupakan resiko yang terdapat dalam durian apabila mengkomsumsinya terlalu berlebih atau dibarengi mengkonsumsi hidangan sarat kolesterol contohnya daging maupun minuman alkohol.

Di sisi lain, manfaat durian tidak hanya diperoleh dari daging buah saja namun kulit dan daunnya juga bermanfaat. Kulit durian mampu menyingkirkan nyamuk serta mengobati kurap, sedangkan bagian daun sering dipakai untuk obat pereda panas. Akan tetapi karena tidak banyak orang mengonsumsi daun durian terlebih kulitnya, manfaat durian dari daging buahnya yang nikmat akan lebih mudah didapatkan.

Berikut sejumlah penyakit yang bisa diatasi jika mengkonsumsi durian dengan tidak berlebihan :
  1. Menghentikan susah BAB sebab melimpah kandungan seratnya.
  2. Menghentikan gejala anemia sebab durian memiliki kandungan folat yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.
  3. Memelihara kesehatan kulit sebab diperkaya dengan Vitamin C yang disebut antioksidan dan senyawa anti-penuaan.
  4. Memiliki kandungan kalsium yang membuatnya bagus untuk kesehatan sendi dan tulang.
  5. Dengan syarat tidak dikonsumsi terlalu banyak, konsentrasi mangan buah durian bisa menjaga tingkat gula darah selalu stabil.
  6. Memiliki kandungan unsur tembaga yang bisa melindungi kerja kelenjar tiroid.
  7. Menjaga nafsu makan sebab banyak memiliki kandungan Vitamin B1.
  8. Mengobati migrain sebab mengandung Vitamin B2.
  9. Memudahkan gejala stres dan depresi sebab kandungan Vitamin B6 di dalamnya.
  10. Memelihara kesehatan gigi dan mulut karena memiliki kandungan phosphor.

Namun bila Anda menyantap durian dan kemudian badan anda menjadi tidak enak, cobalah ingat-ingat kembali berapa banyak durian yang sudah anda makan dan makanan apa sebagai pendamping menyantap durian itu sampai sampai menyebabkan tidak enak badan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat durian, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: