Laman

Senin, 02 November 2015

12 Manfaat Cabe Yang Dahsyat

Cabe - Melihat harga cabe yang naik gila-gilaan belakangan ini menjadikan masyarakat harus berpikir kembali jika ingin memasak hidangan pedas. Namun kebanyakan masakan akan terasa hambar apabila dikonsumsi tanpa kehadiran sambal. Nyatanya banyak manfaat cabe untuk kesehatan dan tidak hanya sebagai pembentuk citarasa pedas. Cabe merupakan jenis sayur yang memiliki kandungan capsaicin yang membuatnya pedas. Unsur ini memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu penghilang rasa sakit, anti-inflamasi dan pembangkit selera makan.
manfaat cabe rawit,cabe untuk burung,cabe jawa,cabe jamu,cabe jawa untuk pria,cabe hijau,cabe rawit untuk wasir,cabe rawit untuk rambut,
Baca Juga : Manfaat Buah Pisang

Cabe juga bagus untuk pencernaan terlebih untuk yang menderita susah BAB, cabe dapat mempercepat gerakan peristaltik usus dengan begitu akan melancarkan buang air besar. Manfaat cabe untuk metabolisme tubuh yaitu memperbaiki mekanisme pembakaran kalori sehingga semakin efektif sehingga bisa digunakan menunjang diet yang dimaksudkan untuk mengendalikan berat tubuh.

Di samping memiliki kandungan senyawa capsaicin, cabe juga diperkaya dengan kandungan Vitamin A, Vitamin C, antioksidan, mineral serta serat. Banyak manfaat cabe yang akan kita dapatkan dengan mengonsumsinya. Atlet tinju contohnya, akan semakin bersemangat apabila mengonsumsi cabe.

Dan berikut adalah manfaat lain dari cabe untuk menunjang kesehatan seseorang :
  1. Mengkonsumsi cabai dapat menghentikan pilek serta hidung tersumbat sebab senyawa capsaicin dapat membuat encer lendir. Hal ini juga bermanfaat bagi penderita sinusitis serta batuk berdahak.
  2. Cabai dapat meminimalisir kemungkinan terkena penyakit stroke, tersumbatnya pembuluh darah, impotensi serta serangan jantung koroner. Dengan mengonsumsi cabe dengan sering maka darah akan selalu encer dan timbunan lemak dalam pembuluh darah tidak akan dihasilkan. Akhirnya, darah akan lancar mengalir tanpa hambatan. Cabai juga bermanfaat untuk menurunkan kemungkinan timbulnya trombosis atau darah yang menggumpal.
  3. Sumber antibiotik alami untuk melawan berbagai macam penyakit karena infeksi bakteri dan kuman penyakit.
  4. Dengan mengkonsumsi cabai maka dapat meredakan nyeri sakit kepala dan sakit persendian. Rasa pedas serta panas yang dihasilkan senyawa capsaicin akan menghalangi terkirimnya sinyal rasa sakit dari sistem saraf pusat menuju otak. Dengan begitu rasa nyeri akan berkurang dan bahkan lenyap dengan cepat.
  5. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat digunakan untuk mengatasi masalah infertilitas atau mandul, senyawa afrodisiak dan juga menghambat laju penuaan.
  6. Sari cabe memiliki kemampuan menghalangi tumbuhnya jamur Monilia albicans yaitu jamur yang muncul pada permukaan kulit.
  7. Manfaat cabe juga ampuh untuk sakit rematik serta frostbite atau ujung jari yang nyeri disebabkan hawa dingin yang menusuk.
  8. Daun cabe bila ditumbuk lalu diusapkan pada area yang sakit akan menghentikan sakit perut serta bisul.
  9. Membantu menyembuhkan perut yang kembung.
  10. Berperan dalam membakar kalori tubuh sampai 25 persen.
  11. Sumber senyawa kalsium dan phospor untuk tubuh.
  12. Cabe mempunyai kandungan vitamin C yang melebihi jeruk serta kandungan carotene yang melebihi wortel. Keduanya sangat dibutuhkan tubuh.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 12 manfaat cabe semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: