Laman

Senin, 02 November 2015

13 Manfaat Bekam Yang Menakjubkan

Terapi Bekam merupakan bentuk pengobatan yang diminati sebagian orang. Tidak perlu meminum obat, sejumlah orang mendapatkan manfaat bekam dalam menyembuhkan sakit mereka. Tata caranya adalah lewat membersihkan sirkulasi darah. Darah manusia memiliki umur selama 30 hari dan jika sudah tidak bagus umumnya akan diproses kembali oleh hati namun terkadang juga ada yang lolos tidak didaur ulang. Darah yang lolos dari proses daur ulang itu dapat menghasilkan endapan yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Dan manfaat bekam diyakini dapat mengikis endapan tadi.

Apa saja manfaat bekam? Berikut penjelasannya :

1. Andil dalam merangsang folikel rambut dengan cara memperbaiki peredaran darah menuju kulit dengan begitu akan memperbanyak pasokan zat makanan bagi rambut serta folikel rambut.

2. Manfaat bekam tidak cuma membersihkan endapan darah pada kulit, akan tetapi juga mengeluarkan berbagai zat membahayakan yang menumpuk dibawah kulit.

3. Bekam bermanfaat juga dalam memicu kelancaran peredaran darah pada otot yang membuat kejang otot jadi hilang.

4. Sedotan pada terapi bekam mampu menyingkirkan gumpalan darah yang ditemukan dalam otot yang merupakan efek dari memar kulit.

5. Terapi Bekam membantu mengirimkan oksigen yang diperlukan oleh serabut otot, memperbaiki absorbsi oksigen oleh sel sesudah bekam dilakukan. Hasilnya fungsi otot menjadi optimal.

6. Bekam bermanfaat juga dalam membuang senyawa asam laktat dari dalam otot oleh karena itu keletihan dan sumbatan otot akan hilang.

7. Berjasa dalam merangsang peredaran darah pada persendian dengan begitu akan meredakan nyeri yang dipicu oleh sakit rematik.

8. Manfaat bekam yang lainnya lagi yaitu bertugas membuang bahan membahayakan yang menumpuk pada persendian contohnya kristal asam urat yang dapat menyebabkan sakit gout dan menurunkan ketahanan sendi.

9. Sedotan pada terapi bekam akan mengatasi pengeluaran asam lambung ataupun enzim pencernaan yang terbentuk dalam lambung, dengan begitu akan memperbaiki proses pencernaan dan absorbsi nutrisi makanan.

10. Membantu mengelola gerakan usus lewat kuatnya sedotan langsung atau dengan merangsang saraf, terutama saraf pneumogastric yang terkait dengan usus lewat beberapa bagian pada punggung.

11. Manfaat bekam termasuk peranannya merangsang sel-sel hati serta pankreas sekaligus juga meningkatkan kerjanya.

12. Menaikkan jumlah sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih

13. Bekam membantu memicu ujung saraf sensori pada kulit yang membuatnya mampu meredakan rasa nyeri lewat proses Gate Control Theory yaitu membuat sibuk jalur saraf yang memberikan sinyal rasa nyeri lewat rangsangan rasa nyeri yang jauh berkurang. Akibatnya sinyal rasa nyeri tadi tidak akan mencapai syaraf otak. Bekam tidak hanya menanggulangi rasa sakit di area tubuh yang diterapi, namun dampaknya sampai juga di bagian tubuh lain yang terkait dengan saraf tersebut.


Demikian yang dapat disampaikan mengenai 13 manfaat bekam yang menakjubkan semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: