Laman

Senin, 02 November 2015

5 Manfaat Daun Sirih

Daun Sirih mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia salah satunya sering dimanfaatkan untuk meredakan pendarahan ketika terjadi mimisan. Tanaman sirih merupakan tumbuhan merambat yang tergabung dalam famili Piperaceae. Tumbuhan sirih mempunyai beragam sebutan lain contohnya betelhe, vitele di Portugal, betel di Prancis dan ju jiang di China. Manfaat daun sirih dikarenakan kandungan unsur kimia yang terdapat dalam daun sirih diantaranya yaitu minyak esensial, chavicol, hydroxycatechol, chavibetol, methyl eugenol, eugenol, cadinene, kariofilena, estragol, fenil propana, terpennena, tanin, seskuiterpena, diastase, zat pati dan gula.

Konsentrasi unsur kimia itulah yang menjadikannya bisa mengatasi pendarahan ketika mimisan. Tidak cuma untuk mimisan, manfaat daun sirih juga efektif mengatasi pendarahan luka. Kandungan antiseptik yang besar dalam daun sirih juga menjadikannya banyak digunakan untuk mengatasi bau badan dan mulut, penyembuhan luka dan radang kulit, sekaligus juga ampuh dalam menyembuhkan keputihan yang sering diderita wanita. Konsentrasi fenol daun sirih yaitu 5 kali lebih ampuh sebagai antiseptik apabila dibandingkan senyawa fenol kebanyakan.

1. Daun sirih untuk mimisan
Siapkan selembar daun sirih segar yang bersih. Gulung dan sedikit ditekan agar keluar air sarinya. Selanjutnya tutupkan gulungan daun sirih pada hidung yang mimisan tadi dan tunggu 5 menit. Cara barusan akan menjadikan pendarahan pada hidung cepat mandek.

2. Daun sirih untuk menyingkirkan bau mulut tidak sedap dan mencegah kerusakan gigi
Untuk itu siapkan selembar daun sirih segar yang sudah dicuci bersih. Dengan mengunyah-ngunyah daun sirih, biarkan selama beberapa menit didalam mulut lalu ludahkan. Lakukan kebiasaan itu dua sampai tiga kali sehari. Cara lain yaitu dengan merebus 6 lembar daun sirih segar bersama 2 gelas air hingga mendidih. Tunggu sampai dingin kemudian disaring. Menggunakan air godokan daun sirih tadi kumur-kumurlah tiap-tiap pagi dan petang.

3. Daun sirih untuk pembengkakan gusi
Siapkan daun sirih segar sebanyak 6 lembar. Cuci sampai bersih dan masak beserta 3 gelas air bersih hingga mendidih. Angkat dan dinginkan. Kemudian saring dan terakhir masukkan sedikit garam. Menggunakan ramuan tadi kumur-kumurlah tiga kali sehari.

4. Daun sirih untuk menyingkirkan bau badan tidak sedap
Siapkan 3 lembar daun sirih yang masih segar. Cuci hingga bersih dari kotoran. Selanjutnya rendam menggunakan air panas sebanyak setengah gelas. Tambahkan 1 sdt gula putih. Tunggu ramuan hingga suam-suam kuku. Ambil daun sirih dari gelas dan minum larutan tadi sampai habis.

5. Daun sirih untuk menyingkirkan aroma tidak sedap pada ketiak
Manfaat daun sirih untuk ketiak ini dengan menyediakan 1 lembar daun sirih segar, lalu oleskan sedikit kapur. Remas-remas sampai lumat dan kemudian usapkan di ketiak. Tunggu beberapa saat sampai mengering dan cuci ketiak dengan air bersih.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 5 manfaat daun sirih semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: