Laman

Senin, 02 November 2015

5 Manfaat Minyak Zaitun Yang Wajib Anda Tahu

Minyak Zaitun - Dibandingkan dengan minyak nabati jenis lain, minyak zaitun dipercaya mempunyai khasiat untuk kesehatan terbanyak. Minyak zaitun atau disebut juga olive oil merupakan lemak yang dihasilkan dari buah zaitun asal timur tengah. Minyak zaitun di buat dengan menggiling buah zaitun yang selanjutnya dilakukan ekstraksi menggunakan mesin maupun senyawa kimia. Tersedia bermacam jenis minyak zaitun contohnya refined olive oil, extra virgin olive oil serta olive pomace oil. Minyak zaitun dengan mutu terbaik berasal dari jenis extra virgin olive oil. Manfaat minyak zaitun jenis ini dipercaya mampu memperkuat kerja jantung sekaligus mengurangi bahaya beragam jenis penyakit kanker.
Perlu diperhatikan bahwa minyak zaitun yang akan digunakan sebagai ramuan obat harus dalam kondisi segar untuk menjaga khasiatnya. Meskipun di buat oleh pabrik terbaik didunia, apabila minyak zaitun sudah lama disimpan, Anda tak akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Cara memilih minyak zaitun sama seperti memilih anggur. Untuk memperoleh kualitas terbaik, Anda wajib mencermati kapan olive oil itu di buat, jenis minyak zaitun serta asal minyak zaitun itu. Waktu Anda mencicipi minyak zaitun berkualitas bagus maka ada sejenis sensasi pedas pada bagian pangkal kerongkongan. Citarasa pedas tersebut membuktikan adanya konsentrasi antioksidan pada minyak zaitun.

Semakin Anda merasa pedas di tenggorokan, itu tandanya kandungan antioksidannya semakin tinggi. Hal itu tentunya bagus bagi kesehatan tubuh. lantas apa saja manfaat minyak zaitun terutama dalam menunjang kesehatan tubuh kita? Simak penjelasannya berikut ini :

1. Mengurangi tensi darah
Dikarenakan kandungan senyawa polifenol serta oleic acid yang memiliki efek anti-inflamasi, olive oil diketahui mampu mengurangi tekanan darah sekaligus meredakan hipertensi baik pada pria maupun wanita.

2. Obat anti-inflamasi
Minyak zaitun memiliki kandungan anti-inflamasi yang berperan menjadi bahan ibuprofen alami. Sehingga apabila Anda menderita sakit kepala maupun keadaan yang lebih gawat contohnya gangguan saraf degeneratif dan kanker, tingkatkan saja dalam mengkonsumsi minyak zaitun.

3. Memelihara vitalitas otak
Meskipun tidak langsung meneliti dampak minyak zaitun pada otak, riset terbaru mendapati bahwa pasien di mana makanan yang dikonsumsinya melimpah akan lemak trans condong akan mengalami depresi. Sedangkan, obyek riset dimana makanan yang dikonsumsinya sarat dengan kandungan minyak zaitun memiliki resiko lebih sedikit terkena depresi. Di samping itu, minyak zaitun juga terbukti dapat menunjang fungsi kognitif serta meminimalisir bahaya gangguan kognitif contohnya dementia.

4. Menyeimbangkan kadar kolesterol
Kolesterol sendiri ada dua jenis yakni yang baik dan yang jahat. Memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal maka minyak zaitun melimpah dengan lemak sehat yang berperan dalam menjaga keseimbangan kedua kolesterol tadi jauh dalam tubuh.

5. Membantu dalam absorbsi kalsium
Unsur Kalsium adalah bagian penting untuk kesehatan tubuh dan tulang yang tentu saja saat tubuh Anda bisa mengolahnya secara baik. Manfaat minyak zaitun di sini yaitu untuk meningkatkan mineralisasi serta pengerasan tulang, dengan begitu akan menunjang tubuh mampu menyerap kalsium dengan lebih baik.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai 5 manfaat minyak zaitun semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: