Laman

Senin, 02 November 2015

Aneka Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Kulit Manggis - Di samping menempuh pengobatan medis lewat praktek pemakaian obat-obatan modern, pancaran radiasi, kemoterapi, terapi hormonal sampai tindakan operasi, sejumlah penderita mulai memanfaatkan pengobatan alternatif sebagai usaha pengobatan penyakit mematikan. Termasuk dengan teratur meminum jus kulit manggis. Manggis memang bukan satu-satunya buah dengan manfaat lebih dalam kulitnya. Pisang, apel, semangka, anggur dan jeruk juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Akan tetapi belakangan ini, manfaat kulit manggis lebih popular daripada kulit buah yang lain.
Kelebihan kulit manggis karena kaya dengan zat antioksidan terutama Xanthone. Antioksidan jenis ini mampu mencegah radikal bebas menyerang yang dapat mengganggu proses metabolisme dalam tubuh. Xanthone yaitu gabungan beberapa molekul biologi yang sangat aktif pada kulit manggis. Memiliki susunan membentuk cincin segi enam menggunakan ikatan karbon kembar sehingga stabil. Ada 200 jenis Xanthone yang ditemukan di alam, yang mana 40 jenisnya terkandung dalam kulit manggis.

Kulit manggis juga terbukti memiliki kandungan kalori yang rendah yang berarti cocok apabila diberikan pada pasien diabetes. Namun ekstrak kulit manggis tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu secara khusus seperti kanker ataupun kencing manis. Walaupun berkhasiat, manfaatnya cuma untuk menunjang penyembuhan secara medis. Itu yang dikatakan oleh dr Danang Ardiyanto, seorang praktisi herbal pada Klinik Saintifikasi Jamu 'Hortus Medicus' Balai Besar Riset dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Karanganyar Jawa Tengah.

Manggis juga memiliki karakter anti proliferasi yang membuatnya mampu membantu dalam penyembuhan kanker, selain mampu menghambat terjadinya penuaan dini dan meningkatkan proses pergantian kulit hingga mengurangi munculnya jerawat. Apabila diminum secara teratur jus kulit buah manggis dapat juga untuk menambah energi, merangsang perasaan gembira sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Xanthone juga berperan menyesuaikan mekanisme kelenjar endokrin. Kerja kelenjar endokrin yang normal akan berdampak pada keseimbangan hormon dan neurokimia yang di buat sistem endokrin. Xanthone juga dapat membantu menyegerakan sembuhnya luka, menyingkirkan racun dari dalam hati dan menjaga kesehatan fungsi hati secara umum. Meminum ekstrak kulit manggis dengan takaran tertentu secara teratur akan mengakibatkan anda buang air kencing lebih sering dengan begitu anda dapat terbebas dari gangguan infeksi saluran kemih sekaligus gangguan batu ginjal.

Manfaat kulit manggis lainnya lagi yaitu membantu menjaga dan mengurangi kandungan asam yang tinggi dalam lambung. Senyawa anti mikroba di dalamnya mampu untuk memberantas bakteri, parasit serta jamur di pencernaan. Selain itu juga berperan menanggulangi iritasi usus besar serta usus kecil yang dapat menyebabkan kelainan kerja pencernaan dan terjadinya diare. Kulit manggis dalam bentuk ekstrak juga bisa menghindarkan anda dari terjadinya radang usus besar yakni mencegah infeksi yang biasa terjadi pada kantong-kantong yang tersebar pada lapisan usus besar.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai aneka manfaat kulit manggis untuk kesehatan semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: