Laman

Senin, 02 November 2015

Kenali Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manggis merupakan salah satu buah tropis asal Indonesia yang jadi produk andalan Indonesia di pasar mancanegara. Di samping cita rasanya manis dan nikmat, buah dengan warna ungu tersebut juga memiliki segudang manfaat dalam mencegah beragam macam penyakit. Manfaat buah manggis pun tidak hanya pada daging buahnya, kulitnya yang tebal dan agak keras itupun melimpah khasiatnya dalam mencegah berbagai macam penyakit. Kekhasan buah manggis yang memiliki nama latin Garcinia mangostana ini ialah jumlah daging buah di dalamnya bisa ditebak dari kelopak yang menempel pada pangkal buah.

Selain itu buah manggis pun dimasukkan sebagai tumbuhan berkhasiat untuk obat. Pada kulit dalam buah manggis ada zat yang dinamakan Xanthone. Xanthone adalah senyawa aktif yang memiliki efek anti kanker sekaligus sebagai senyawa antioksidan kadar tinggi. Konsentrasi senyawa antioksidan pada buah manggis dalam suatu riset malah berlipat kali lebih besar dari vitamin C maupun vitamin E. Senyawa Xanthone juga dapat menghambat penuaan.

Manfaat buah manggis juga mampu mengobati beberapa macam penyakit, dimulai dari mencret, radang saluran kencing, tuberkulosis, gonorea, sakit saat haid, osteoartritis, kanker, penyakit sistem kekebalan sampai memperbaiki kesehatan kejiwaan seseorang. Sejumlah orang juga memanfaatkan buah manggis untuk mengobati sakit kulit terutama eksim. Di negara Amerika, jus buah manggis sangat disukai dan dianggap sebagai minuman yang menyehatkan. Biasanya jus buah manggis itu di jual sebagai xango juice.

Di samping senyawa Xanthone, bahan bermanfaat lain pada buah manggis adalah senyawa tannin yang memang dari sejumlah riset medis terbukti mampu mengobati sakit mencret. Manfaat buah manggis lainnya didasari dari satu riset yang mengatakan, laki-laki yang mengonsumsi buah manggis setiap hari mempunyai resiko lebih sedikit menderita sakit batu ginjal sebab buah ini akan menstimulasi sekresi air kencing dengan begitu akan menghindari dari terbentuknya batu ginjal di saluran kencing.

Wajar saja apabila buah manggis mendapat julukan sebagai Ratunya Buah Tropis melihat banyaknya penyakit yang mampu dihalaunya. Manfaat buah manggis selanjutnya yaitu bisa mengurangi berat tubuh. Pada seseorang, kegemukan dialami disebabkan membran sel dalam tubuh mudah membesar dan menjadi keras. Masalah tersebut dapat ditangani dengan senyawa Xanthone yang terkandung dalam buah manggis. Senyawa Xanthone akan membuat lunak membran sel yang mengeras tadi dan saat itu juga memproses sari-sari makanan jadi energi. Hal tersebut yang akan menjadikan tubuh menjadi sehat dikarenakan metabolisme yang lancar.

Buah manggis juga memiliki kandungan senyawa catechins yang diketahui lebih ampuh dan lebih efektif apabila dibandingkan vitamin C ataupun vitamin E untuk memberantas konsentrasi radikal bebas dalam tubuh. Sebagian dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi buah manggis setiap hari untuk menyuplai zat antioksidan ke dalam tubuh. Buah manggis yaitu sumber antioksidan tingkat tinggi alami yang tidak bisa ditandingi suplemen obat.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat buah manggis untuk kesehatan semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: