Laman

Senin, 02 November 2015

Manfaat Buah Apel Bila Dikonsumsi Setiap Hari

Buah Apel - Mengkonsumsi sebutir apel setiap hari tidak hanya bakal menjauhkan Anda dari pengobatan dokter namun juga menawarkan segudang manfaat lain untuk tubuh. Apa saja manfaat buah apel? Berikut manfaat jika anda teratur menyantap apel sebagai salah satu menu harian anda :

1. Membuat kenyang tanpa terbentuknya kalori berlebihan
Buah Apel melimpah dengan serat sehingga perut menjadi kenyang lebih lama, tanpa Anda harus mengkonsumsi kalori berlebihan. Buah Apel sedang memiliki kandungan 95 g serat. Konsentrasi serat tinggi menjadikan tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengurainya dibandingkan gula ataupun nasi. Akibatnya perutpun terasa kenyang lebih lama.

2. Mengurangi konsentrasi kolesterol dalam darah
Sebuah apel berukuran sedang berisi lebih kurang 4 g serat. Berbagai macam apel diperkaya dengan pektin yakni serat larut yang terbukti mampu mengurangi konsentrasi kolesterol jahat dalam darah. Serat tersebut memblok absorbsi kolesterol, memfasilitasi tubuh agar memanfaatkan kolesterol sebagai sumber tenaga dan tak mengendapkannya dalam tubuh.

3. Merampingkan tubuh
Manfaat buah apel untuk melangsingkan badan akan terasa jika apel dikonsumsi beserta kulitnya sesudah dibersihkan. Pada kulit apel ada ursolic acid yakni senyawa yang berperan dalam menurunkan kemungkinan obesitas. Ursolic acid bermanfaat meningkatkan pembakaran kalori dan juga menambah tenaga otot.

4. Mengatasi influenza
Meskipun tidak sebesar pada jeruk, buah apel juga memiliki kandungan vitamin C yang akan meningkatkan stamina tubuh. Konsentrasi vitamin C apel melebihi 8 mg sehingga dapat memenuhi 14% keperluan harian.

5. Menghalangi terjadinya gangguan pernapasan
Menyantap 5 butir apel seminggu akan menjadikan kerja paru-paru menjadi semakin baik. Buah Apel memiliki kansungan antioksidan yakni quercetin yang ditemukan pada kulit luarnya. Antioksidan tersebut berguna menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang mengganggu pernapasan. Di samping itu satu riset tahun 2007 mendapati bahwa perempuan yang teratur mengkonsumsi apel akan lebih rendah peluangnya mempunyai keturunan dengan penyakit asma.

6. Mencegah kanker
Suatu riset yang dilakukan di Perancis tahun 2004 mendapati bahwa sejumlah bahan dalam buah apel bisa menghindari terjadinya kanker usus. Sedangkan riset tahun 2007 yang dilakukan oleh Universitas Cornell mendapati bahwa triterpenoids dalam buah apel juga mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya kanker payudara dan kanker hati.

7. Meningkatkan kemampuan otak
Manfaat buah Apel dapat juga membantu meningkatkan daya ingat serta mengurangi kemungkinan terkena Alzheimer pada masa tua nantinya. Efekapel akan memperbesar pembentukan acetylcholine, yakni unsur yang menyambungkan antar sel syaraf yang membuatnya bisa bekerja secara baik.

8. Menurunkan kemungkinan terkena diabetes
Riset di tahun 2012 mendapati bahwa manfaat buah apel, blueberry dan pir dapat mengurangi kemungkinan menderita diabetes tipe 2. Lantaran konsentrasi senyawa anthocyanins yang menyebabkan warna ungu, merah dan biru dari sejumlah sayuran dan buah-buahan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat apel semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: