Laman

Senin, 02 November 2015

Manfaat Buah Naga Sebagai Penyembuh Diabetes

Buah Naga begitu menyegarkan saat dimakan. Sedikit manis dengan kandungan air yang cukup banyak, oleh sebab itu nikmat disantap dalam kondisi segar ataupun digunakan sebagai bahan salad. Akan tetapi tahukah Anda bahwa selain bentuknya yang khas, manfaat buah naga yang lain dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Bentuk buah naga memang khas dengan warna kulit merah muda, merah maupun ungu dihiasi dengan rumbai-rumbai dengan warna kuning maupun hijau sehingga tampak seperti sisik naga. Tampilannya lonjong dengan sisik menyerupai sisik naga sehingga mengingatkan kita dengan negara China. Namun ternyata buah naga tidak datang dari daratan China.

Berasal dari tumbuhan sejenis kaktus yang banyak ditemui di wilayah Meksiko, El Salvador dan Guatemala. Walau demikian saat ini buah ini juga banyak ditanam di beberapa negara Asia contohnya Taiwan, Vietnam, Thailand, Ceylon, Filipina, Malaysia, Bangladesh dan juga Indonesia. Buah naga mulai masuk Indonesia sekitar tahun 1977 namun mulai dibudidayakan secara komersial tahun 2000 di beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTB yaitu wilayah penyuplai buah naga terbanyak.

Sehingga jika anda menginginkan buah naga pasti tidak akan mengalami kesulitan. Sejumlah toko buah, pasar tradisional dan supermarket banyak yang menyediakan. Biasanya kita mendapati buah naga yang memiliki daging putih dari jenis Hylocereus undatus. Walau demikian ada juga yang memiliki daging merah dari spesies Hylocereus costaricensis dan juga yang memiliki kulit kuning dan daging putih dari jenis Hylocereus megalanthus.

Bisa jadi anda sering membeli buah naga disebabkan bentuk uniknya dengan rasa menyegarkan. Dengan daging buah yang mengandung banyak air disertai biji-biji kecil berwarna hitam renyah sama buah kiwi. Cita rasanya agak manis. Nyatanya buah naga memiliki kehebatan lain yakni kandungan gizi serta manfaat kesehatan yang dimilikinya. Buah naga digembor-gemborkan melimpah akan kandungan vitamin C, karbohidrat, beta karoten dan serat, demikian sebaliknya sedikit kandungan kalorinya. Maka itu buah naga dipercaya mampu mengendalikan tingkat gula darah, menurunkan kandungan kolesterol sekaligus melimpah akan senyawa antioksidan yang bagus bagi kulit. Biji buah naga melimpah akan kandungan asam lemak omega-3, sedangkan daging buahnya ditemukan konsentrasi kalsium dan magnesium.

Di wilayah Taiwan, sejumlah dokter bahkan merekomendasikan makan buah naga terutama untuk pengidap penyakit diabetes. Sampai-sampai website Daily Mail dari Inggris menyebutkan buah luar biasa ini dengan sebutan ‘new superfood for 2013’ atau makanan super baru tahun 2013. Apabila anda ingin mencobanya untuk memperoleh manfaat buah naga ini, maka pilihlah yang matang. Serupa dengan buah kebanyakan, pilih buah naga yang lunak ketika batang dan buahnya anda tekan. Buah naga masak memiliki warna merah merata serta bersih, memiliki aroma sedikit harum saat dicium.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat buah naga semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: