Laman

Senin, 02 November 2015

Manfaat Ciuman Bagi Sepasang Kekasih

Berciuman merupakan bagian dari kasih sayang, entah itu pada dahi, pipi maupun bibir. Berciuman menjadikan hubungan sepasang kekasih yang tengah jatuh cinta jadi semakin dekat. Sejumlah pasangan juga berciuman lebih dulu untuk meningkatkan gairah seksual menjelang berhubungan badan. Berciuman memang memiliki fungsi positif dalam hubungan percintaan. Tidak cuma itu, manfaat ciuman juga cantik untuk kesehatan. Beberapa sebab kenapa berciuman dengan pasangan bermanfaat yaitu :
1. Memperbesar rasa cinta
Berdasarkan penuturan Dr. Samir Parikh seorang psikolog, berciuman akan menyebabkan pasangan merasa disayangi, memiliki dan nyaman. Untuk beberapa lelaki, berciuman adalah ekspresi kasih sayang untuk wanita yang disayanginya. Sehingga pasangan suami istri disarankan agar melakukan ciuman paling kurang sekali dalam sehari. Manfaat ciuman akan menyebabkan pasangan menjadi lebih dekat secara emosional.

2. Menyingkirkan stres
Salah satu manfaat ciuman pada hubungan percintaan adalah mampu menyingkirkan stres. Melakukan ciuman akan menghalangi pembentukan hormon penyebab stres yaitu hormon glukokortikoid. Hormon tersebut yang menyebabkan hipertensi, otot lemah serta sulit tidur. Kelompok ilmuwan juga mengatakakan bahwa berciuman selama 3 menit akan menstimulasi tubuh agar membentuk rantai kimiawi guna meluluh-lantakkan hormon pemicu stres. Maka, saat suami kembali dari bekerja dengan wajah yang lelah cobalah dengan memberikan ciuman.

3. Memperlancar sirkulasi darah
Kelompok pakar juga mengatakan bahwa berciuman baik bagi kesehatan tubuh Anda. Efeknya bagus baik untuk tubuh, kejiwaan ataupun spiritual. Itu artinya akan memperkuat kesehatan menyeluruh. Berciuman juga akan menyebabkan peningkatan detak jantung, memuluskan sirkulasi darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.

4. Berperan dalam perawatan gigi
Kedokteran sudah membetulkan bahwa berciuman bisa memperbanyak pembentukan air liur. Saliva atau air ludah bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan di permukaan gigi dan juga mengurangi kadar keasaman gigi yang menyebabkan gigi menjadi rusak serta keropos. Air ludah juga menghalangi terbentuknya plak di permukaan gigi.

Apapun yang bisa memperbanyak produksi saliva akan menurunkan tingkat keasaman mulut yang bisa menghancurkan gigi, tak terkecuali aktifitas ciuman. Pembentukan air liur yang memadai juga akan menghindarkan gigi berlubang.

5. Positif bagi kesehatan paru-paru
Setelah melakukan ciuman umumnya pernafasan jadi lebih cepat. Biasanya setelah berciuman, seseorang akan menghirup dan melepaskan nafas 60 kali dalam semenit. Sementara ketika kondisi biasa hanya 20 kali setiap menit. Bernafas lebih sering akan menghindarkan diri dari sejumlah penyakit paru-paru. Akan tetapi beberapa pakar juga memberikan peringatan, meskipun bagus dalam memelihara kesehatan mulut, berciuman juga bisa saja menjadi penyebab penyebaran mikroba. Sehingga disarankan agar menjauhi ciuman jika satu diantara pasangan terkena sariawan, infeksi pada gigi ataupun pembengkakan gusi. Selain itu, berciuman dengan pasangan lebih aman dilakukan.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat ciuman bagi sepasang kekasih semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: