Laman

Senin, 02 November 2015

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Jantung

Coklat - Memelihara vitalitas jantung bisa berawal dari melakukan kebiasaan sepele namun jika sering dilakukan maka keuntungannya akan dinikmati untuk waktu lama. Dimulai dari mengakhiri kebiasaan merokok, sering beroolahraga serta menjauhi hidangan sarat lemak dan tinggi kadar gula. Di samping 3 hal itu, mengkonsumsi cokelat juga sebagai perilaku yang bagus untuk jantung. Sudah banyak riset yang menunjukkan manfaat coklat untuk kesehatan, khususnya untuk kesehatan jantung. Sejumlah olahan cokelat akan memberikan dampak positif yang begitu mencolok pada tekanan darah jika coklat dikonsumsi menggunakan takaran yang pas.
manfaat jantung pisang untuk kesehatan,manfaat coklat bagi kesehatan,artikel manfaat coklat bagi kesehatan,coklat untuk kulit,coklat untuk kecantikan,coklat untuk wajah,
Baca Juga : Seabrek Manfaat Chlorophyll Bagi Kesehatan 

Cokelat yang belum mengalami tahap pengolahan melimpah dengan antioksidan yang dinamakan dengan polifenol. Beberapa jam setelah mengonsumsi coklat, tensi darah akan berangsur turun dan terjadi dalam 3 sampai 6 jam. Mengkonsumsi cokelat untuk memperoleh khasiatnya tidak usah terlalu banyak. Pada 50 g serbuk cokelat berkualitas tinggi sudah memiliki cukup kandungan polifenol untuk menurunkan hipertensi. Akan tetapi yang menjadi masalah, biasanya produk coklat yang ada di pasaran memiliki kandungan polifenol sedikit sebab kelewat banyak unsur pendukung yang ditambahkan. Sebut saja lemak, gula sampai choco chips, buah kering serta bermacam kacang.

Produk cokelat berkualitas bagus yang tidak banyak dimasukkan bahan penambahan biasanya memiliki citarasa agak pahit, makanya banyak penghasil cokelat yang menambahkan sejumlah besar gula plus susu supaya cita rasanya lebih lezat. Begitupun pada serbuk coklat, seringkali unsur alkaline ditambahkan ketika tahap pemrosesan supaya serbuk yang dihasilkan lebih halus dengan rasa cokelat lebih light. Sebab itu harus dipahami bahwa cokelat susu alias milk chocolate memiliki kadar polifenol lebih rendah dibandingkan bubuk coklat. Malah untuk produk white chocolate tidak memiliki kandungan polifenol sedikitpun.

Manfaat coklat akan maksimal jika jumlah konsumsi dibatasi. Cukup mengonsumsi bubuk coklat tidak melebihi 50 g setiap hari. Takaran tersebut sama dengan 3 potong cokelat dengan ukuran kotak. Di samping itu yang penting saat menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara menjaga berat badan agar tetap selalu ideal. Untuk itu program diet yang dijalani juga harusnya menggunakan makanan sehat yang sedikit kandungan kalorinya. Selain dalam dark chocolate, polifenol juga banyak didapatkan dalam bahan pangan lain contohnya sayur-mayur dengan daun hijau, buah berry, teh hijau dan anggur merah.

Manfaat coklat yang lain yaitu membantu Anda dalam upaya mengurangi konsentrasi kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Selain mengurangi konsentrasi LDL, mengkonsumsi coklat juga akan memperbanyak produksi kolesterol baik, high-density lipoprotein (HDL). Flavonoid yang terdapat pada cokelat akan membantu memperlancar aliran darah kurang lebih 3 jam sesudah Anda menyantap coklat. Lewat melonggarkan pembuluh darah pada otak, maka flavonoid akan memperbanyak aliran darah menuju kesana.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat coklat untuk kesehatan jantung, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: