Laman

Senin, 02 November 2015

Manfaat Daun Sirsak Untuk Penanganan Penyakit Mematikan

Sirsak - Siapa yang tak mengenal tanaman sirsak? Tanaman sirsak mempunyai buah yang walaupun cita rasanya asam sedikit manis dengan daging buah berwarna putih itu terbukti memiliki beragam macam manfaat untuk kesehatan.
Menurut berbagai studi buah sirsak bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit dengan rekor tertinggi dalam hal keganasannya yakni tumor dan kanker. Tidak hanya buahnya yang memiliki efek penyembuhan, daun sirsak juga tidak kalah hebatnya dalam menyembuhkan beragam penyakit mematikan. Sudah sejak lama dilakukan riset tentang manfaat daun sirsak ini.

Laporan riset menunjukkan bahwa daun sirsak mampu mematikan perkembangan sel-sel kanker berdasarkan riset yang dilakukan The National Cancer Institute di tahun 1976 silam. Pemanfaatan daun sirsak menjadi bahan obat herbal di Indonesia sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang baru. Sejak dari dulu daun sirsak dimanfaatkan masyarakat Indonesia mengatasi sejumlah penyakit. Orang Sunda misalnya memanfaatkan buah sirsak muda sebagai ramuan untuk darah tinggi, sementara penduduk Aceh biasa memanfaatkan buah sirsak untuk mengobati hepatitis sementara daun sirsak sebagai obat batuk. Adapun masyrakat Sulawesi Selatan menggunakan daun sirsak sebagai obat turun panas.

Bahkan saat ini beberapa dokter maupun kalangan herbalis memberikan resep daun sirsak dalam menuntaskan sejumlah penyakit berbahaya. Tidak cuma di Indonesia, di beberapa negara lain sirsak tidak hanya digunakan untuk bahan makanan, namun digunakan sebagai obat serta pestisida alami. Sebab itu sejumlah pakar membuat berbagai riset untuk membuktikan manfaat daun sirsak secara medis. Berdasarkan riset yang telah dilakukan didapatkan bukti bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa diantaranya : fruktosa, protein, lemak, vitamin A dan B, kalsium dan beberapa senyawa bermanfaat lain.

Laporan terbaru memberitakan bahwa daun sirsak bisa menstabilkan kadar gula dalam darah. Ambang konsentrasi gula normal dalam darah yakni 70 mg sampai 120 mg/dL. Daun sirsak diakui dapat mereduksi sekaligus menstabilkan tingkat gula darah ke batas normal. Sehingga sejumlah peneliti melaporkan bahwa manfaat daun sirsak betul-betul bagus untuk pengidap diabetes. Sebenarnya studi tentang manfaat daun sirsak untuk penderita diabetes relatif masih baru baru dan belum terbukti secara klinis. Akan tetapi beberapa riset medis berhasil membuktikan jika ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki kerja sel beta pankreas yang bertugas memproduksi insulin.

Daun sirsak memiliki berbagai unsur penting yang diperlukan oleh tubuh. Berdasarkan beberapa riset yang sudah dilakukan didapatkan juga unsur baru yakni Annonaceae asetogenin yang bermanfaat untuk pengidap kanker. Hasil riset membuktikan keampuhan daun sirsak yang dengan efektif mampu menyeleksi sasaran ketika membunuh sel-sel jahat pada 12 jenis kanker diantaranya : kanker payudara, kanker usus besar, kanker kelenjar getah bening dan kanker paru-paru. Kemampuan senyawa anti-kanker daun sirsak 10 ribu kali lebih kuat ketika membunuh dan menghentikan perkembangan sel kanker bila dibandingkan senyawa adriamycin maupun kemoterapi yang lazim dimanfaatkan untuk penanganan sel kanker.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai manfaat daun sirsak untuk penanganan penyakit mematikan, semoga dapat berguna untuk Anda semua.

Share this: